visitaaponce.com

Pemprov Sulteng Antisipasi Masuknya PMK

Pemprov Sulteng Antisipasi Masuknya PMK
Ilustrasi(DOK MI)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah telah melakukan upaya mengantisipasim penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak yang telah mewabah di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Timur dan Aceh.

Kepala UPT Veteriner Dinas Pertanian dan Perkebunan Sulteng, Erwin Hurudji mengatakan, upaya yang sudan dilakukan itu berupa koordinasi dengan steakholder, terkait pencegahan PMK, termasuk berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Sulteng. "Jadi sudah ada beberapa kali rapat membahas pencegahan PMK itu," terangnya, Kamis (26/5).

Menurut Erwin, saat ini juga sudah ada tim yang turun langsung ke lapangan untuk mengecek kondisi hewan ternak yang diternak warga di 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng. "Hasilnya belum ada ditemukan PMK di Sulteng. Namun peternak tetap dimbau untuk melakukan pencegahan," imbuhnya.  

Kepala Bidang Karantina Hewan dari Balai Karantina Palu, Nanang Handayono menambahkan, sejak ditemukannya kasus PMK di wilayah Jawa Timur dan Aceh, pihaknya telah menghentikan lalu lintas ternak dari daerah tersebut untuk mencegah PMK masuk di Sulteng.

"Pas wabah itu merebak lalu lintas dari dua wilayah Jawa Timur dan Aceh langsung kami setop. Itu dilakukan untuk antisipasi," tandasnya. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat