visitaaponce.com

Pemprov Sulteng Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup dan Sehat

Pemprov Sulteng Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup dan Sehat
Stok hewan unutk kurban di Sulawsi Tengah dipastikan aman(MI/M Taufan SP Bustan)

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Tengah, melaporkan kebutuhan hewan kurban di provinsi itu 7.797 ekor.

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Perkebunan dan Peternakan Dandi Alfita mengatakan, 7.979 hewan ternak itu terdiri dari 6.838 ekor sapi dan 1.159 ekor kambing.

“7.797 ekor hewan ternak itu untuk kebutuhan kurban 12 kabupaten dan 1 kota di Sulteng,” terangnya di Palu, Jumat (7/6).

Baca juga : Peternak Sapi di Palu Antisipasi PMK menjelang Idul Adha

Menurut Dandi, kebutuhan hewan ternak untuk kurban pada hari raya Idul Adha 1445 hirjiah tersebut tercukupi karena stok hewan ternak di Sulteng melimpah.

“Saat ini hewan ternak di Sulteng berjumlah 140.905 ekor, yang terdiri dari sapi sebanyak 28.247 ekor, kambing 109.812 ekor, dan domba 2.846 ekor,” ungkapnya.

Dandi menjelaskan, bahwa pihaknya juga telah meningkatkan pengawasan hewan ternak di seluruh kabupaten/kota. Di mana, pengawasan difokuskan ke sejumlah pasar hewan hingga peternakan warga.

Baca juga : Cegah Wabah Penyakit, Pemkab Tuban Gelar Operasi Pasar Hewan

“Jadi ada petugas teknis kami yang rutin mengontrol, baik sapi maupun kambing. Utamanya yang dicek kesehatannya sebelum dijual. Sehingga ketika dikonsumsi aman dari penyakit,” paparnya.

Dandi menambahkan, hewan ternak tersebut diperiksa kesehatannya, jika ditemukan sapi atau pun kambing yang bermasalah, diminta untuk dikarantina dan tidak dapat dijual.

“Setiap hewan ternak yang telah lolos pemeriksaan kesehatan diberikan surat tanda pemeriksaan kesehatan atau surat keterangan kesehatan hewan. Jadi bisa dipastikan aman untuk dikurban,” tandasnya. (TB)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat