visitaaponce.com

Jelang Idul Adha, Harga Sapi dan Kambing di Palu Berangsur Naik

Jelang Idul Adha, Harga Sapi dan Kambing di Palu Berangsur Naik
Hewan ternak sapi(MI)

HARGA hewan ternak seperti sapi dan kambing mulai mengalami kenaikan jelang perayaan hari raya Idul Adha 1445 hijriah.

Salah satu peternak, Haedar Bakri mengatakan, untuk harga sapi ukuran kecil dihargai Rp9 juta per ekor, sedangkan sapi ukuran sedang dihargai Rp15 juta per ekor. Sementara sapi ukuran besar mencapai Rp25 juta per ekor.

“Rata-rata ini naik Rp1 juta per ekor, baik yang kecil, sedang, dan sedang,” terangnya saat ditemui di Pasar Hewan Palu, Kamis (16/5).

Baca juga : Mentan Amran Pacu Produktivitas Semen Beku untuk Tingkatkan Populasi Ternak

Menurut Haedar, bukan hanya sapi, kambing juga mengalami kenaikan. Di mana, kambing ukuran kecil Rp1,5 juta, kambing sedang Rp3 juta per ekor, dan kambing besar Rp5 juta per ekor.

“Kalau kambing rata-rata naiknya Rp300 ribu per ekor,” ungkapnya.

Haedar menjelaskan, kenaikan harga hewan ternak menjelang Idul Adha selain karena momen hari besar keagamaan, juga dipengaruhi harga pakan ternak yang mahal.

Baca juga : Tujuh Sapi di Sragen Dilaporkan Mati Mendadak

“Harga pakan sudah naik. Selain itu sapi dan kambing juga dijaga kesehatannya. Jadi mau tidak mau harus dinaikkan harga jual,” imbuhnya.

Peternak lainnya, Rahman Sunu menyebutkan, saat ini peminat sapi dan kambing masih kurang. Alasannya bukan karena adanya kenaikan harga, namun karena memang belum masuknya puncak pembelian hewan.

“Biasanya sepekan menjelang hari kurban itu baru banyak pembeli. Kurun dua hari terakhir bari tiga ekor sapi dan satu ekor kambing yang laku,” ungkapnya.

Rahman menambahkan, meskipun harga sapi dan kambing naik, namun tetap ada pembeli. “Tetap adalah pembeli, meski harga naik tetap bisa ditawar, tapi tawarnya yang masuk aval,” tandasnya. (Z-8)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat