visitaaponce.com

Jateng Selatan Berpotensi Diguyur Hujan Deras, Bencana Hidrometeorologi Diwaspadai

Jateng Selatan Berpotensi Diguyur Hujan Deras, Bencana Hidrometeorologi Diwaspadai
Ilustrasi(ANTARA)

MESKI sudah memasuki pertengahan Juni, tetapi hujan dengan intensitas tinggi masih berpotensi terjadi di sejumlah kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan.

Diperkirakan hujan deras, berpotensi terjadi di Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purworejo dan Purbalingga, besok. Pemkab dan masyarakat perlu mengantisipasi bencana yang kemungkinan bisa terjadi.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan bahwa dalam beberapa hari ke depan masih ada potensi hujan lebat. “Karena itulah, perlu adanya antisipasi kemungkinan adanya bencana. Baik itu banjir, tanah longsor, angin kencang dan sambaran petir," jelas Rendi, Selasa (14/6).

Menurutnya, di Cilacap ada lima kecamatan yang harus waspada yakni Adipala, Kroya, Binangun, Maos dan Sampang. Sedangkan di Banyumas ada empat kecamatan yaitu Kebasen, Sumbang, Kembaran, dan Sokaraja. Kemudian di Purworejo yang perlu waspada adalah Kecamatan Bagelen, Kaligesing, Purworejo serta Loano.

Sementara di Purbalingga paling banyak kecamatan yang harus waspada, karena ada delapan kecamatan. Yakni Kaligondang, Bojongsari, Purbalingga, Padamara, Kalimanah, Kutasari, Karangmoncol dan Rembang.
"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk waspada, tetapi tenang. Selain itu mengondisikan barang-barang agar aman dari bencana," kata Rendi. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat