visitaaponce.com

Pemkab Garut Pecahkan Rekor MURI Tebar Benih Ikan 7,6 Juta Ekor

Pemkab Garut Pecahkan Rekor MURI Tebar Benih Ikan 7,6 Juta Ekor
Pemkab Garut dan Polda Jawa Barat memecehka rekor MURI dalam penebaran benih ikan, Rabu (22/6/2022)(dok.humas kominfo)

Bupati Garut, Rudy Gunawan terlibat langsung dalam pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) penanaman benih ikan air tawar terbanyak, melalui penebaran 7,6 juta ekor benih ikan yang diinisiasi Kepolisian Daerah Jawa Barat, di objek wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Penebaran ini menyambut Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022, secara simbolis diawali dari Kepala Kepolisian Daerah Jabar, Irjen Pol Suntana. Kemudian, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, penebaran 7,6 juta ekor benih ikan dilakukan di salah satu tempat legendaris di Kabupaten Garut di Situ Bagendit. Hal ini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat. Karena, Situ Bagendit dulu dijadikan mata pencaharian banyak orang. Warga memancing, hasil pancingannya banyak dijual ke orang.

"Sejak dulu ikan yang berasal dari Situ Bagendit terkenal dengan rasanya yang lezat dan hasil tangkapan ikan dari Situ Bagendit ini dijual ke beberapa daerah di Kabupaten Garut seperti di Kecamatan Wanaraja dan Garut Kota. Dengan penebaran benih ini akan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat. Ini adalah ide yang luar biasa bagi pariwisata kita akan terus dikembangkan," kata Rudy, Rabu (22/6).

Rudy mengatakan, dengan penebaran 7,6 juta ekor benih ikan saat ini dapat memberikan harapan kepada masyarakat Garut untuk memancing di Situ Bagendit. Ikan ini bebas diambil oleh masyarakat Garut sesuai dengan ketentuan. Diharapkan, benih ikan yang ditebar dalam beberapa tahun ke depan bisa meningkatkan perekonomian.

Sementara itu, Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana menyatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menstimulan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Garut. Acaranya serupa tak hanya di Garut, namun di beberapa wilayah di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, perwakilan dari MURI, Awan Rahargo mengatakan, kegiatan pemecahan rekor MURI penebaran benih ikan diawali pada tahun 2009 dengan diprakasai oleh Wali kota Palembang saat itu, Eddy Santana. Saat itu Eddy menebar sebanyak 1 juta benih ikan di Kota Palembang. Kali ini menyambut HUT ke-76 Bhayangkara, Polri menebar sebanyak 7,6 juta benih ikan air tawar di kawasan wisata Situ Bagendit, Kabupaten Garut.

"Keberhasilan dalam memecahkan rekor MURI bukan semata-mata karena melebihi jumlah atau angka rekor sebelumnya, akan tetapi dengan adanya rekor baru dapat memberikan motivasi terutamanya terhadap putra-putri terbaik Indonesia untuk mampu melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Penebaran bibit ikan harannya adalah bisa memiliki nilai kebermanfaatan bagi masyarakat di sekitar dalam mencari ikan, serta menjaga kelestarian ekosistem alam Situ Bagendit dengan banyaknya populasi ikan yang ada," paparnya. (OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat