visitaaponce.com

Imbas Zonasi 50, SMASMK Swasta di Kota Tasikmalaya Sepi Pendaftar

Imbas Zonasi 50%, SMA/SMK Swasta di Kota Tasikmalaya Sepi Pendaftar
Suasana penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMK/SMA tahun ajaran 2022 sudah dimulai.(dok.Ant)

PENERIMAAN peserta didik baru (PPDB) SMA-SMK di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat melalui sistem zonasi dinilai makin menggerus pendaftar sekolah swasta dan kalah bersaing dengan sekolah negeri, lantaran adanya faktor kedekatan rumah dan sekolah.

Hal itu dialami oleh SMA-SMK Pasundan 2 Kota Tasikmalaya, di Jalan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang. Kepala SMA-SMK Pasundan 2, Kota Tasikmalaya, Eri Kustiaman mengakui, siswa baru yang mendaftar ke sekolahnya sedikit dibandingkan dengan tahun lalu. Apalagi sekarang sistem zonasi menimbulkan banyak masalah baru. Karena, tidak hanya kedekatan rumah dan sekolah tetapi banyak siswa dari berbagai daerah masuk dengan cara titipan.

"PPDB SMA-SMK melalui sistem zonasi 50 persen, sudah menimbulkan masalah baru. Karena masih banyak pihak bermain dan itu sudah berlangsung lama. Di kami, siswa yang mendaftar ke SMA baru ada 14 orang dan SMK baru 7 orang. Kami juga belum bisa memastikan apakah mereka akan datang daftar ulang atau tidak," katanya, Jumat (15/7).

Ia mengatakan, kebijakan sistem zonasi yang dilakukan tahun ini sebesar 50 persen bagi SMA Negeri sangat merugikan sekolah swasta. Apalagi, jarak lokasi berdekatan dengan sekolah negeri. Karena, SMA-SMK Pasundan 2 sendiri lokasinya itu berjarak lebih kurang 500 meter dari SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya.

"Saya harap kepada pembuat kebijakan untuk mengurangi lagi di sistem zonasi, karena kami (SMA-SMK Pasundan 2) Kota Tasikmalaya itu dikelilingi oleh beberapa Sekolah Negeri yakni SMAN 2 Tasikmalaya. Namun, biasanya siswa di RT terdekat daftar ke sini tetapi sekarang ini sudah diterima di Sekolah Negeri termasuk di SMAN 9 Leuwidahu, adanya sistem zonasi ini menjadi masalah baru," ungkapnya.

Menurutnya, berbagai cara dan upaya sekolah telah dilakukan demi menarik siswa baru agar mendaftar ke SMA-SMK Pasundan 2. Baik melalui media sosial komunitas, alumni hingga yang lainnya termasuk mempromosikan sekolahnya ke masyarakat. Karena, sejak dulu SMA-SMK Pasundan 2 menjadi salah satu sekolah favorit di Kota Tasikmalaya.

"Berapapun jumlah siswa baru yang mendaftar akan kami berikan pendidikan dan pelajaran layak untuk bekal mereka dimasa datang. Kami, optimis ada penambahan siswa baru di PPDB 2022 ini. Mereka yang diterima di sini merupakan amanah untuk mendidiknya dan kualitas lulusan bisa bersaing di masyarakat maupun perguruan tinggi," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Satpol PP Sumsel Kembali Gelar Razia Tertib Masker

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat