visitaaponce.com

Ini Sederet Penyebab Siswa tidak Bisa Daftar PPDB DKI Jakarta

Ini Sederet Penyebab Siswa tidak Bisa Daftar PPDB DKI Jakarta
Posko Pelayanan PPDB 2023 Jakarta di SMAN 70 Jakarta Selatan.(Antara)

PIHAK SMP Negeri 35 Jakarta membagikan pengalaman yang kerap terulang setiap kali dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Provinsi DKI Jakarta. Salah satu pemicu kepanikan orang tua siswa adalah belum melakukan verifikasi akun.

Guru sekaligus operator PPDB SMP Negeri 35 Jakarta, Inne menyampaikan, tidak sedikit orangtua datang ke sekolah meminta bantuannya untuk pendaftaran PPDB. Mereka panik karena tidak bisa mendaftarkan anaknya memilih sekolah.

Setelah ditelusuri, lanjut Inne, rupanya orangtua dan siswa tersebut belum melakukan verifikasi akun PPDB. "Bilangnya enggak bisa daftar, ternyata mereka belum aktivasi akun, jadi kita bantu aktivasi akun dulu. Namanya orangtua kan panik. Jadi mereka panik, kita panik," ungkap Inne.

Baca juga : Disdik DKI Buka Posko Pengaduan PPDB 2023 Jakarta

Padahal, kata Inne, sebelumnya sekolah sudah melakukan sosialisasi soal cara pendaftaran online PPDB kepada siswa dan orangtua. Namun kemungkinan beberapa orangtua siswa juga masih awam mengenai cara pendaftaran online ini dan masih dalam tahap penyesuaian teknologi.

"Kita menghadapi orang tua yang kurang mengerti cara mendaftar. Mereka ragu-ragu, pasti itu ada, dan hal seperti itu biasa ada saja. Pada saat orangtua sekolah, kan belum online seperti ini, ketika mengurus anaknya harus online, jadi harus bertanya," ujarnya.

Selain verifikasi akun, tambahnya, masalah lain yang juga sering dialami para siswa dan orangtua ialah lupa password akun PPDB. "Enggak bisa log-in, udah log-in tapi lupa password, jadi sering banget ke sini itu lupa password, terus minta ganti password, dan kita bantu reset password di sini," ujarnya.

Untuk itu, meski password bisa dibantu reset oleh sekolah, namun Inne tetap mengingatkan agar orangtua dan siswa sama-sama mencatat password yang digunakan saat pendaftaran PPDB agar tidak perlu bolak-balik ke sekolah

"Tipsnya, buat orangtua dan anak, password-nya bisa dicatat dan diphoto biar enggak lupa," lanjutnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat