visitaaponce.com

Petani di Kabupaten Cirebon Minta Tambahan Alokasi Pupuk Subsidi

Petani di Kabupaten Cirebon Minta Tambahan Alokasi Pupuk Subsidi
Pupuk urea(DOK MI)

PETANI di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat meminta tambahan alokasi pupuk bersubsidi. Adanya replanting di musim tanam pertama membuat alokasi  pupuk tambahan dibutuhkan.

Ketua HKTI Kabupaten Cirebon, Tasrip Abu Bakar menjelaskan panen padi di Kabupaten Cirebon baru terjadi di sedikit lokasi. "Belum banyak, baru di beberapa titik saja, tutur Tasrip, Kamis (21/7).

Diantaranya di  Kecamatan Ciledug, Babakan, dan Waled yang berada di wilayah timur  Kabupaten Cirebon. Namun menurut Tasrip jumlahnya masih sedikit dan diperkirakan pekan pertama Agustus baru terjadi panen skala besar di wilayah timur Kabupaten Cirebon.

Sedangkan untuk wilayah barat, seperti di Kecamatan Gegesik, Kaliwedi, Suranenggala, Gunung Jati, Kapetakan, Panguragan, dan Susukan usia tanaman padi rata-rata baru mencapai 30 hari. Panen diperkirakan baru akan dilakukan awal Oktober mendatang.

Diakui Tasrip, di wilayah barat pada musim tanam (MT) pertama sempat melakukan replanting sehingga dampaknya panen di musim gadu pun terlambat.Karena melakukan replanting, petani saat ini menurut  membutuhkan alokasi pupuk tambahan.

Pihaknya, lanjut Tasrip, telah mengajukan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, untuk bisa mendapatkan tambahan pupuk bersubsidi. "Kalau tidak bisa, petani terpaksa harus membeli pupuk non subsidi," tutur Tasrip. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat