visitaaponce.com

Lamongan Rintis Kantin Sehat di Sekolah

Lamongan Rintis Kantin Sehat di Sekolah
Ilustrasi kantin(MI/Vicky Gustiawan)

SEKOLAH Menengah Pertama Negeri 3 Lamongan akhirnya memiliki kantin sehat. Kantin yang diresmikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi ini mengharuskan pemakaian peralatan ramah lingkungan. Peresmikan kantin sehat ini dilakukan bersamaan kegiatan Business Day.

Bupati Yuhronur Efendi mengatakan kantin sehat sekolah merupakan salah satu inovasi yang patut diapresiasi. Hal tersebut dapat dijadikan referensi bagi sekolah lain untuk menyediakan makanan dan jajanan sehat bagi peserta didik.

"Saya hadir karena melihat ini sesuatu yang inovatif, tentu ini juga menjadi referensi bagi sekolah-sekolah lainnya," katanya, Selasa (27/9).

Menurut dia, program serupa bisa dilaksanakan bersamaan business day, adiwiyata, termasuk kantin sehat. Kantin sehat ini memiliki prinsip bebas 5P yakni, makanan yang ditawarkan harus bebas dari pengawet, pewarna, penyedap, pemanis, dan juga pengenyal.

"Kriteria bebas 5P ini tentu menjadi standar paling utama menjadi kantin yang sehat dan bebas bahan kimia," tuturnya.

Selain prinsip bebas 5P, kebersihan dan kesehatan makanan serta lingkungan kantin juga harus dijaga. Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP), kantin sehat hanya boleh menggunakan peralatan makanan dan minuman sekali pakai. Untuk bahan pembungkus makanan juga menggunakan pembungkus makanan yang ramah lingkungan seperti kertas dan daun.

Baca juga: Jajanan Sehat dan Enak di Kantin Sekolahku

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan business day hasil karya siswa proyek penguatan profil pelajar pancasila. Bupati juga mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai esensi dari kurikulum merdeka belajar yang mengenalkan literasi kuliner pada anak didik, sehingga lebih banyak wawasan yang diperoleh.

"Ini sangat luar biasa, kegiatan bussines day ini mengenalkan sejak dini pada anak-anak berwirausaha, menanamkan virus-virus kewirausahaan pada anak-anak, karena inilah sesungguhnya esensi merdeka belajar. Anak didik harus diperkaya dengan berbagai wawasan dan literasi," tuturnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Lamongan Hanafi A. Talib mengungkapkan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk konsekuensi dan konsistensi SMP Negeri 3 Lamongan sebagai juara 2 lomba kantin dan jajanan sehat se-Jawa Timur.

"Kegiatan ini kami lakukan sebagai konsekuensi dari diraihnya juara 2 oleh SMP Negeri 3 Lamongan di Jawa Timur, pada lomba kantin dan jajanan sehat se-Jawa Timur," ujar Hanafi.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat