visitaaponce.com

Festival Danau Poso Tampilkan Pesona Air Terjun Saluopa

Festival Danau Poso Tampilkan Pesona Air Terjun Saluopa
Sejumlah wisatawan berpote dengan latar belakang air terjun Saluopa di Poso, Sulawesi Tengah.(MI/MITHA)

TINGKAT kunjungan wisatawan ke objek wisata air terjun Saluopa, yang berada Desa Wera, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, diklaim meningkat dalam pergelaran Festival Danau Poso (FDP) yang berlangsung di kota wisata Tentena.

"Jumlah pengunjung naik dari hari-hari biasanya," ujar Sahrul, koordinator kebersihan dan keamanan objek wisata air terjun Saluopa, Kamis (20/10).

Di hari pertama sebelum dibukanya secara resmi FDP pada Kamis malam, hingga siang hari, catatan petugas penjaga karcis tanda masuk sudah menyebutkan 88 wisatawan datang mengunjungi dan menikmati keindahan air terjun Saluopa. Empat di antaranya adalah wisatawan mancanegara (wisman).

Dua wisman itu berasal dari negara Swiss, Dhasi dan Anita, mengaku kagum setelah melihat air terjun Saluopa. Sebagai kunjungan yang pertama kalinya, Dhasi mengakui keindahan air terjun Saluopa. Ia pun terlihat begitu menikmati panorama alam Saluopa.

"Saya baru pertama kali ini ke tempat ini. Dan kesan pertama, sangat indah," tutur Dhasi.

Air terjun Saluopa merupakan salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Pulau Sulawesi karena keindahan alamnya yang memukau wisatawan.

Wisatawan lokal maupun mancanegara kerap mengunjungi tempat tersebut jika sedang berada di Tentena.

Air terjun Saluopa atau biasa dijuluki air luncur Saluopa bahkan disebut sebagai salah satu air terjun terbaik yang ada di Indonesia, karena memiliki sumber mata air dari pegunungan setempat yang airnya meluncur deras dari puncak gunung dengan ketinggian sekitar 25 meter.


Baca juga: Tingkat Hunian Hotel Melonjak Jelang Festival Danau Poso di Tentena


Air terjun Saluopa memiliki air yang jernih dan bersih, sehingga bebatuan yang dilewati oleh aliran air terjun akan terlihat dengan jelas.

Air terjun Saluopa nampak sangat indah dan termasuk unik karena memiliki 12 tingkatan, di mana setiap tingkatannya membentuk kolam kecil yang juga dapat digunakan untuk berenang atau sekedar berendam, serta tangga batu yang tidak licin, sehingga dapat dipijaki untuk naik ke tingkat selanjutnya.

Sementara untuk tangga yang terbuat dari batu, walaupun nampak bermulut, tetapi tangga tersebut tidaklah licin, sehingga masih bisa  dipergunakan sebagai akses untuk menuju pada tingkatan air terjun di atasnya.

Selain dipergunakan sebagai akses menuju tingkatan air terjun, tangga batu juga bisa dimanfaaatkan sebagai tempat berfoto, dengan latar
belakang air terjun.

Bahkan jika sedang beruntung, wisatawan dapat melihat pelangi yang muncul di antara air terjun, sehingga menjadi suasana yang sangat indah
dan momen tersebut sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai latar belakang foto.

Akses untuk sampai ke lokasi air terjun Saluopa sangatlah mudah. Tempat wisata tersebut hanya berjarak kurang lebih 12 Kilometer menuju arah barat dari Tentena, yang dapat ditempuh dengan kenderaan roda empat maupun roda dua. Sementara untuk sampai di air terjunnya, masih harus berjalan kaki dengan menempuh jarak sekitar 500 meter.

Perjalanan itu dapat dijadikan wisatawan sebagai momen untuk menyaksikan keanekaragaman fauna, termasuk menikmati panorama alam berupa hutan tropis yang sangat indah dan masih asri dengan suasana yang sejuk dan udara yang segar. (OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat