visitaaponce.com

Pemkot Bandung Upayakan Setiap Puskesmas Miliki Apoteker

Pemkot Bandung Upayakan Setiap Puskesmas Miliki Apoteker
Ilustrasi(Freepik)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat tengah mengupayakan agar semua puskesmas di Kota Bandung memiliki apoteker. Sebab, peran apoteker dinilai sangat penting dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat. 

"Dari 81 puskesmas, ada 62 puskesmas yang punya tenaga kesehatan apoteker. Mudah-mudahan bisa dibantu pengadaan sisanya di 19 puskesmas lagi. Dengan kehadiran apoteker di seluruh puskesmas bisa memberikan kebutuhan obat yang tepat untuk masyarakat. Apoteker bisa memberikan obat yang baik dan tepat untuk masyarakat. Fungsi itu hanya bisa dilakukan para apoteker," kata Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Sabtu (28/10). 

Yana mengatakan, terdapat peran penting lain dari apoteker dalam pengendalian pandemi Covid-19 di Kota Bandung. Meskipun ada varian yang baru, tapi seluruh angka menunjukkan pandemi Covid-19 sangat terkendali. "Mudah-mudahan proses ikhtiar vaksin yang dilakukan bersama ini bisa menyelesaikan pandemi Covid-19 di Kota Bandung," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Operasional dan Pengembangan Halodoc, Satrio Pramudono menyebutkan, teknologi bisa meningkatkan daya saing para apoteker dalam digitalisasi farmasi. "Kita bukan hanya bicara automasi, tapi membangun ekosistem secara utuh supaya layanan teknologi bisa dinikmati secara utuh seperti layananoffline. Misal janji temu, layanan chat dokter dan toko kesehatan," jelasnya.

Namun, menurutnya pemanfaatan teknologi akan tetap percuma jika kreativitas tersebut tidak bisa dengan mudah dinikmati masyarakat luas. Sebab inovasi adalah kreativitas yang harus bisa memberikan dampak secara utuh.

"Kita harus fokus untuk membangun ekosistem kesehatan digital yang memberikan pengalaman mudah, nyaman dan seamless. Sangat terasa di era digital ini, masyarakat sudah mulai masuk ke area kuratif dan preventif," ucapnya. (RO/OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat