visitaaponce.com

Lulusan Apoteker Diharapkan Bisa Mengabdi di Daerah Asal

Lulusan Apoteker Diharapkan Bisa Mengabdi di Daerah Asal
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Apoteker UTA '45(UTA '45)

Tingginya kebutuhan tenaga apoteker di Indonesia perlu disikapi dengan peningkatan kualitas pendidikan tinggi program studi farmasi di berbagai perguruan tinggi. Di Indonesia, masih banyak daerah-daerah tertinggal dan terpencil yang membutuhkan ketersediaan apoteker, seperti di wilayah Indonesia Timur.

Pada pelantikan dan pengambilan Sumpah Apoteker Angkatan ke-48 Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (UTA '45 Jakarta), Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Jakarta, Rudyono Darsono, menyatakan lulusan UTA'45 Jakarta dapat kembali ke daerah asal dan berkontribusi di daerah masing-masing.

"Di Indonesia masih banyak daerah-daerah tertinggal dan terpencil yang membutuhkan ketersediaan apoteker, seperti di wilayah Indonesia Timur," kata Rudyono melalui keterangan tertulis Jumat (7/6).

Baca juga : Dikti: Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan akan Terus Diperkuat

Prodi Apoteker UTA’45 Jakarta berhasil menghasilkan 92% lulusan uji kompetensi. Mereka diharapkan menjadi profesional yang didasari oleh kode etik dan perundangan-undangan.

"Para lulusan ini bisa kembali ke daerah untuk membangun daerahnya masing-masing. Mereka merupakan kebanggaan bagi siapa pun yang mendukung keapotekeran, khususnya orangtua. Lulusan apoteker merupakan wujud dari peningkatan kualitas dalam keluarga. Apoteker dari UTA’45 Jakarta merupakan pilihan terbaik karena merupakan 20% dari total keseluruhan yang berhasil lolos dalam saringan pendaftaran. UTA’45 Jakarta menjamin kualitas apoteker dapat dipertanggungjawabkan," jelasnya.

Rektor UTA '45 Jakarta Rajes Khana menyampaikan pesan agar lulusan mengabdi pada negara. Mahasiswa apoteker yang berasal dari Sabang sampai Merauke harus mampu menjadi tenaga kesehatan sekaligus pengusaha, khususnya dalam bidang obat di daerah masing-masing.

"Meraih sukses menjadi berkat dengan menjaga gelar dan nama baik alumni. Rektor juga mengharapkan semoga akreditasi prodi ke depan menjadi unggul dengan partisipasi alumni, dan lulusan saat ini menjadi apoteker yang sejati dengan peduli dan mampu melayani masyarakat di seluruh penjuru negeri," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat