visitaaponce.com

Peringati Hari Pahlawan, Wali Kota Pematang Siantar Ajak Veteran Naik Becak BSA ke TMP Nagur

Peringati Hari Pahlawan, Wali Kota Pematang Siantar Ajak Veteran Naik Becak BSA ke TMP Nagur
(MI/Apul iskandar)


PERINGATI Hari Pahlawan di Kota Pematang Siantar, Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani mengajak para veteran untuk naik becak ciri khas Kota Pematang Siantar, becak Birmingham Small Arms (BSA). Mereka naik becak dari Lapangan H Adam Malik menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Nagur di Jalan Sangnaualuh Damanik, Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara, Kamis (10/11).

Sebelumnya, Wali Kota Susanti memimpin upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 Tingkat Kota Pematang Siantar, di Lapangan H Adam Malik Kota Pematang Siantar.

Upacara peringatan Hari Pahlawan
berlangsung khidmat dan tertib. Saat pengibaran bendera Merah putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, seluruh kendaraan yang melintas di seputaran Lapangan H Adam Malik diberhentikan hingga bendera Merah Putih selesai dikibarkan. Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap bendera Merah Putih dan jasa para pahlawan yang telah gugur untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia.

Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Tri Rismaharini dalam amanatnya yang dibacakan Susanti mengajak untuk menjadikan momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dan saling menghargai satu sama lain.

"Peringatan Hari Pahlawan tahun ini bertema 'Pahlawanku Teladanku'.  Dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau dipecah- belah," katanya.

Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan, kata dia, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, dan seterusnya.

"Jadikanlah semangat dan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama. Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan. Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama kita perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan amanat pahlawan bangsa," katanya.

Peringatan Hari Pahlawan tersebut dimeriahkan penampilan marching band siswa-siswi SMA Negeri 4, drama perjuangan dari SMP Negeri 4, tari-tarian berbagai adat oleh pelajar SMP Negeri 1, puisi dari SMP Negeri 11, serta dilanjutkan berziarah ke TMP Nagur dengan melakukan parade Becak BSA. (AP/OL-10)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat