visitaaponce.com

Fasilitas Titik Baca Lengkapi Wisata Edukasi Di Kota Malang

Fasilitas Titik Baca Lengkapi Wisata Edukasi Di Kota Malang
Peresmian fasilitas titik baca di Kota Malang, Jawa Timur.(Humas Pemkot Malang)

KOTA Malang, Jawa Timur, terus bersolek dengan menghadirkan inovasi. Kreativitas tiada henti di daerah berjuluk Kota Pendidikan itu kini menghadirkan titik baca.

Teknologi berbasis digital tersebut merupakan terobosan teranyar dalam mencerdaskan anak bangsa termasuk melengkapi fasilitas di ruang wisata edukasi. "Ini sangat bagus dan luar biasa. Inovasi titik baca menjadi komitmen kami sebagai bagian dari smart city," tegas Wali Kota Malang Sutiaji, Jumat (11/11).

Sutiaji menerangkan Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang sengaja menghadirkan inovasi ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Wisatawan pun bisa memanfaatkan teknologi ini sembari bertamasya. 

Mengaksesnya pun cukup mudah. Hanya dengan scan QR Code, buku digital bisa dibaca dengan memilih berbagai koleksi. "Harapannya tentu budaya membaca meningkat karena makin mudah kita akses," katanya.

Titik baca ini akan diperluas merambah ruang publik. Saat ini, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas itu di Alun-Alun Merdeka, Mal Pelayanan Publik, Malang Creative Center, area Car Free Day, Idjen Boulevard hingga seluruh perpustakaan SD dan SMP di Kota Malang.

Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang Yayuk Hermiati menambahkan koleksi buku digital mencapai 1.087 buku. Buku-buku itu sebanyak 287 judul umum dan 800 judul pendidikan.

"Cukup pakai telepon seluler, tidak pakai daftar, langsung scan bisa baca di tempat dengan radius 100 meter (dari titik QR Code). Jadi memudahkan," ujarnya. (OL-15)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat