visitaaponce.com

Enam Daerah di Jawa Barat sudah Bebas BABS

Enam Daerah di Jawa Barat sudah Bebas BABS
Sejumlah ibu mengikuti sosialiasi jangan buang air besar sembarangan di Tasikmalaya, Jawa Barat(ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/)

ENAM daerah di Jawa Barat dinyatakan sudah bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Keenam daerah itu, yakni Kabupaten Bandung Barat (KBB), Subang, Kota Sukabumi, Bandung, Garut dan Kota Depok.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga, Dinas Kesehatan Jabar Yuntina Erdani mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan jumlah daerah BABS.  Hal itu dilakukan untuk mendukung Jabar bebas BABS tahun 2023.

"Pekerjaan rumah kita masih banyak, masih ada 21 kabupaten/kota yang masyarakatnya belum terbesar BABS," kata Yuntina di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (18/11).

Adapun upaya yang dilakukan, yakni dengan mengedukasi dan mengubah perilaku masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan. Setelah berhasil nantinya, Dinkes akan berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) di kabupaten/kota untuk membantu membangun sarana dan prasarana masyarakat.

"Kita memicu perubahan perilaku masyarakat agar tidak BABS. Nanti Dinas Perumahan dan Permukiman akan menindaklanjuti dengan membangun saran fisik, misalnya membuat toilet di setiap rumah," tamahnya.

Sementara itu, Fungsional Ahli Madya Tata Bangunan dan Perumahan Disperkim Jabar Lucky Sumanang mengatakan, perlu kerja sama seluruh stakeholder terkait agar membantu Jabar bebas dari BABS di 2023.

Pemerintah memiliki sistem kewenangan masuk ke seluruh Pemda agar bisa membina langsung masyarakat. "Pemerintah punya pendekatan, paling tidak kita mengedukasi masyarakat dan menyediakan pelayanan dasar, seperti septic tank," kata dia. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat