visitaaponce.com

Pentas Wayang Kulit Selasa Kliwon di Klaten Dibanjiri Penonton

Pentas Wayang Kulit Selasa Kliwon di Klaten Dibanjiri Penonton
Pentas wayang kulit Selasa Kliwon di halaman RSPD Klaten, Senin malam (19/12/2022)(MI/Djoko Sardjono)

PERGELARAN wayang wayang kulit Selasa Kliwon di halaman Gedung Sunan Pandanaran (RSPD) Klaten, Jawa Tengah, dibanjiri penonton. Mereka datang dari berbagai pelosok di Klaten, Senin (19/12) malam.

Pentas wayang kulit semalam suntuk yang mengambil cerita (lakon) Wahyu Purba Sejati, dibawakan oleh Ki Giyono Sabdo Pandoyo, dalang sepuh Klaten, dengan iringan kerawitan Cahya Laras.

Pertunjukan wayang kulit Selasa Kliwon di RSPD Klaten, merupakan agenda kegiatan Dewan Kesenian Klaten. Gelaran seni tradisional wayang kulit ini rutin diadakan sejak 1967.

Pentas wayang kulit Selasa Kliwon, dihadiri Ketua Umum Dewan Kesenian Klaten yang diwakili Ketua Harian FX Setyawan DS dan jajaran, serta para seniman dan dalang Klaten.

FX Setyawan DS dalam sambutannya mengatakan, pergelaran wayang kulit Selasa Kliwon adalah kegiatan pelestarian dan pengembangan seni tradisional warisan leluhur.

"Pergelaran wayang kulit Selasa Kliwon adalah agenda kegiatan Dewan Kesenian Klaten, yakni dalam upaya melestarikan seni tradisional daerah warisan leluhur yang telah diakui dunia," jelasnya.

Perlu diketahui, bahwa wayang kulit diakui oleh badan dunia dalam hal ini UNESCO, sebagai warisan budaya tak benda.  Maka, wayang kulit wajib kita lestarikan agar tidak terdesak budaya asing.

"Jadi, Dewan Kesenian Klaten memiliki tugas pokok dan fungsi melestarikan dan mengembangkan seni budaya daerah agar tidak punah di tengah arus modernisasi," ujar FX Setyawan.

Untuk itu, Dewan Kesenian Klaten memiliki komitmen tinggi dengan strategi Tri Karsa Budaya, yakni meluhurkan, mengembangkan, dan melestarikan seni budaya daerah warisan leluhur.

"Dewan Kesenian juga berkomitmen nguripke (menghidupkan), ngurubke (mengembangkan), serta ngirabke (menggelar) potensi seni budaya daerah melalui pentas dan kegiatan lainnya," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Pementasa Wayang Sampir di Kalimantan Selatan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat