visitaaponce.com

Kawasan Malioboro Dibuka 24 Jam Saat Akhir Tahun

Kawasan Malioboro Dibuka 24 Jam Saat Akhir Tahun
Malioboro(ANTARA)

LALU LINTAS di kawasan Malioboro, Yogyakarta, akan dibuka selama 24 jam saat perayaan tahun baru, 31 Desember 2022. Polresta Yogyakarta telah menyiapkan langkah antisipatif jika terjadi kepadatan lalu lintas.
  
Kapolresta Yogyakarta, Kombes Idham Mahdi menyampaikan, pihaknya siap melakukan pengamanan Tahun baru 2023 untuk menciptakan situasi kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2023. "Pada Sabtu tanggal 31 Desember 2022 (malam tahun baru), arus lalu lintas Jalan Malioboro dibuka 24 jam," katanya dalam konferensi pers di Mapolresta Yogyakarta, Selasa (27/12).

Ia menjelaskan, Polresta Yogyakarta melaksanaan operasi terpusat dengan sandi Lilin Progo 2022. Pelaksanaan operasi tersebut dimulai 23 Desember 2022 pukul 00.00 WIB sampai dengan 2 Januari 2023. "Personel yang dilibatkan sekira 352 personel," lanjut dia.

Pihaknya juga telah menyiapkan tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan, yaitu Pospam Tugu, Pospam Teteg, Pospam Titik Nol, serta Posyan Bonbin Gembiraloka.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho menyampaikan, wisatawan di Kota Yogyakarta saat libur Nataru diperkirakan sebanyak 3,6 juta wisatawan. 70 persen diantaranya diperkirakan akan mengendarai kendaraan pribadi.

Dikatakan, wilayah yang patut diwaspadai oleh pengendara kendaraan bermotor karena kepadatan lalu lintasnya adalah Area Tugu Pal Putih, Malioboro, hingga wilayah Keraton Yogyakarta. Pihaknya juga telah mengantisipasi lonjakan pengunjung kawasan tersebut  pada malam pergantian tahun. 

"Tempat parkir Abu Bakar Ali, Ngabean, hingga Senopati akan difokuskan untuk parkir kendaraan pribadi. Pengunjung kawasan Malioboro hingga Tugu Pal Putih diharapkan berjalan kaki deri tempat parkir mereka," jelasnya.

Ia mengatakan rekayasa lalu lintas yang akan di kawasan Malioboro adalah melakukan buka-tutup ruas jalan. Misalnya, jika suatu ruas jalan terjadi peningkatan kepadatan lalu lintas, pihaknya akan mengurangi arus lalu lintas yang masuk ke ruas jalan tersebut dengan mengalihkan arus ke jalan yang tidak terlalu padat. "Begitu volume kendaraan berkurang, maka arus akan kembali dibuka," lanjut dia.

Agus juga menyampaikan, daerah Tugu hingga Keraton Yogyakarta tidak diizinkan digelar kegiatan perayaan tahun baru, seperti konser musik ataupun pertunjukan seni. Pesta perayaan tahun baru banyak dilakukan di luar wilayah tersebut yang diharapkan mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di area Tugu hingga Keraton Yogyakarta. (OL-15)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat