visitaaponce.com

Ratusan Wisatawan Akhirnya Berhasil Dievakuasi dari Karimunjawa

Ratusan Wisatawan Akhirnya Berhasil Dievakuasi dari Karimunjawa
KM Muria dengan tujuan Jepara-Karimunjawa, Jawa Tengah, dilarang berlayar karena cuaca ekstrem mengakibatkan ratusan wisatawan tertahan di s(MI/Furqon Ulya)

SETELAH beberapa hari tertahan di Kepulauan Karimunjawa, akhirnya ratusan wisatawan bersama beberapa warga berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, menggunakan KM Kelimutu milik PT Pelni.

Pemantauan Media Indonesia hingga Rabu (28/12) dini hari, KM Kelimutu milik PT Pelni berhasil sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sebanyak 901 penumpang dengan 499 orang diantaranya adalah wisatawan dan warga yang tertahan di Kepulauan Karimunjawa turun satu dari kapal dengan membawa tas berukuran sedang.

Raut wajah lelah dengan senyum gembira tampak terlihat dari wajah ratusan wisatawan yang tertahan di Karimunjawa ketika menuruni tangga kapal, mereka kemudian dipisahkan dengan penumpang umum lain yang melakukan perjalanan dari Sampit ke Semarang.

Gelombang tinggi hingga mencapai empat meter memaksa ratusan  wisatawan tertahan di Karimunjawa, KM Kelimutu dalam pelayaran menuju ke Tanjung Emas Semarang diperintahkan mampir ke Karimunjawa untuk menjemput pelancong yang telah beberapa hari tidak bisa pulang tersebut.

"Meskipun sempat mengalami keterlambatan, namun proses evakuasi terhadap ratusan wisatawan berhasil dan berjalan lancar hingga sampai di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang," ujar seorang relawan Nurman.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Opik Taupik mengatakan KM Kalimutu yang mampu menembus ombak 4-6 meter dalam perjalanan Sampit-Semarang awalnya diperkirakan sampai Karimunjawa pukul 17.00 WIB, tetapi karena gangguan gelombang baru dapat bersandar pukul 21.56 WIB hingga baru kemudian proses embarkasi hingga berhasil mengangkut 451 wisatawan lokal dan 49 wisatawan asing.

"KM Kalimutu akhirnya berangkat dari Karimunjawa pukul 22.34 WIB dan setelah menempuh perjalanan selama enam jam akhirnya dapat sampai dan sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang," kata Opik Taupik.

Setelah berhasil dievakuasi dan istirahat untuk beberapa saat, ratusan wisatawan tersebut kemudian diangkut beberapa bus yang sudah dipersiapkan untuk dipulangkan dan sebagian kembali ke Jepara karena puluhan kendaraan mereka masih ditinggal di perkiran Pelabuhan Kartini Jepara. (OL-13)

Baca Juga: Ratusan Wisatawan yang Terjebak di Pulau Karimunjawa ...

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat