visitaaponce.com

Ratusan Wisatawan yang Terjebak di Pulau Karimunjawa Dievakuasi Pakai KM Kelimutu

Ratusan Wisatawan yang Terjebak di Pulau Karimunjawa Dievakuasi Pakai KM Kelimutu
KM Kelimutu(Antara)

KAPAL milik PT Pelni, KM Kelimutu membantu evakuasi 497 wisatawan yang terjebak di Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, akibat cuaca buruk, Selasa (27/12).

Ratusan wisatawan itu merupakan total penumpang dari Karimunjawa yang telah melakukan pembelian tiket kapal pada hari ini per pukul 11.00 WIB. Rinciannya ialah 493 penumpang dewasa, 35 di antaranya merupakan wisatawan asing dan 458 wisatawan domestik. Serta, empat penumpang bayi.

"KM Kelimutu diperkirakan tiba di Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa pada hari ini pukul 20.00 WIB dan berangkat menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pukul 21.00 WIB," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik saat dikonfirmasi, Selasa (27/12).

Lama pelayaran sendiri sekitar tujuh jam, sehingga kapal KM Kelimutu akan sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada hari Rabu, 28 Desember 2022 pukul 04.00 WIB.

Pertolongan kapal Pelni tersebut awalnya dilakukan atas permintaan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta yang menyampaikan Surat Permohonan kepada Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kemenhub RI perihal Deviasi Kapal Pelni KM Kelimutu ke Karimunjawa tertanggal 25 Desember 2022.

Dirjend Hubla Kemenhub RI menyampaikan surat penugasan kepada Pelni perihal Laporan Deviasi Kapal Kelimutu terhadap Trayek Tetap dan Teratur pada 25 Desember 2022.

"Per 25 Desember, kami langsung menghentikan penjualan tiket untuk rute Sampit-Semarang guna memberikan kapasitas muat penumpang dari Karimunjawa ke Semarang," jelas Opik.

Saat ini jumlah penumpang dari Karimunjawa ke Semarang total mencapai 1.455 orang dengan rincian dari embarkasi Sampit sebanyak 958 penumpang dan 497 orang dari embarkasi Karimunjawa.

"Kami pastikan alat keselamatan penumpang tersedia di atas kapal dapat menolong 1.650 penumpang," pungkasnya. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat