visitaaponce.com

Rekening di Bank Raib Rp40 Juta Gegara Klik WA Aplikasi APK

Rekening di Bank Raib Rp40 Juta Gegara Klik WA Aplikasi APK
Ilustrasi pesan whatsapp(dok.afp)

MASYARAKAT diminta lebih berhati-hati apabila menjawab pesan masuk whatsapp dari nomor yang tidak dikenal. Di Kabupaten Sidoarjo, saldo rekening nasabah BRI tersedot Rp40 juta dalam waktu 5 menit, karena membuka pesan whatsapp yang meminta mengklik aplikasi Application Package File atau APK.

Peristiwa penipuan transaksi elektronik itu menimpa David Robertson Pardosi, warga Kabupaten Sidoarjo, Rabu malam lalu (11/1). Saat itu ada pesan whatsapp masuk di HP David, dari orang yang mengaku dari jasa pengiriman. Pihak pengirim pesan meminta titik alamat rumah, karena beralasan akan mengirim paket barang. Padahal David Pardosi saat itu tidak melakukan transaksi pembelian barang secara online.

Namun istri korban yang saat itu memegang HP David, ternyata menjawab dengan memberikan nomor alamat rumah. Tidak beberapa lama kemudian ada pesan lagi, yang berisi aplikasi APK.

Tanpa ada rasa curiga, istri korban mengklik pesan whatsapp tersebut. Sekitar 30 menit kemudian ada pemberitahuan BRI, bahwa ada nomor XXX5055, terdaftar melakukan transaksi ke Shopee.

Satu menit kemudian ada notifikasi lagi dari BRI, ada direct debit di rekening korban ke Shopee sebanyak empat kali. Satu transaksi senilai Rp10 juta, dan tiga lainnya masing-masing Rp9.990.000.

Nilai total uang dari empat kali transaksi ke Shopee tersebut, mencapai sekitar Rp40 juta. Korban sudah melaporkan kasus ini ke Polresta Sidoarjo dan BRI cabang Sidoarjo. "Pihak bank tidak berjanji untuk pengembalian uang, dan mereka menunggu FBI-menyelidiki kasus ini," kata David. (OL-13)

Baca Juga: Masyarakat Diminta Waspada Penipuan Modus Kirim APK di ...

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat