visitaaponce.com

Gunung Dieng Aktif, Pemkab Batang Siapkan Empat Lokasi Evakuasi

Gunung Dieng Aktif, Pemkab Batang Siapkan Empat Lokasi Evakuasi
Sejumlah wisatawan tengah menikmati wisata Kawah Sikidang lewat Jembatan Kayangan di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah (Jateng)(MI/Lilik Darmawan)

ANTISIPASI meningkatnya aktivitas Gunung Dieng dan gas beracun Kawah Sileri, Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah menyiapkan empat titik evakuasi.

Meningkatnya aktivitas Gunung Dieng hingga berstatus waspada, membuat warga dua desa yakni Desa Pranten, Kecamatan Bawang dan Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang ikut terimbas karena lokasi sangat dekat dengan dapur magma dan Kawah Sileri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang Ulul Azmi mengatakan meningkatnya aktivitas Gunung Dieng dan kini berstatus waspada membuat Pemkab Batang lakukan persiapan untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

"Kita siapkan empat lokasi pengungsian dan jalur evakuasi untuk warga, jika kondisi sudah memasuki bahaya, sehingga kita sudah kirimkan petugas untuk memantau dua desa itu," kata Ulul Azmi.

Desa Gerlang, Kecamatan Blado posisinya dekat dengan dapur magma, demikian Ulul Azmi, sehingga diwaspadai letusan kawah Pagar Kandang dan Kawah Timbang yang membawa material lumpur panas dan material vulkanik lain. "Di Desa itu juga diwaspadai potensi gas beracun," tambahnya.

Sedangkan Dukuh Rejosari, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, lanjut Ulul Azmi, jaraknya cukup dekat dengan Kawah Sileri yang rawan terhadap munculnya gas beracun, sehingga berbagai persiapan evakuasi dilakukan sebagai antisipasi.

Di sisi lain, warga desa Pranten dan Gerlang tetap beraktivitas seperti biasa, mereka tetap menggarap kebun dan ladang. "Takut juga sih, tapi kita tetap waspada dan jika muncul tanda-tanda kami menyingkir," ujar Muhammad, 50, warga Dukuh Rejosari, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Batang Selasa (17/1). (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat