visitaaponce.com

Kembangkan UMKM di Binjai, Mendag Dorong Penerapan 4 Pilar Peningkatan Daya Saing

Kembangkan UMKM di Binjai, Mendag Dorong Penerapan 4 Pilar Peningkatan Daya Saing
Mendag ZUlkifli Hasan berbincang dengan pelaku UMKM di Binjai, Sumut(Dok. Kemendag)

MENTERI Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan terus mendorong para pelaku UMKM menerapkan empat pilar peningkatan daya saing. 

Keempat pilar tersebut yakni menyinergikan UMKM, ritel modern, lokapasar, dan perbankan dalam satu ekosistem. Hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan di hadapan 20 pelaku usaha di Binjai, Sumatra Utara, Selasa (17/1).

"Kementerian Perdagangan terus mendukung pengembangan UMKM melalui program empat pilar peningkatan daya saing UMKM. Jika ekosistemnya terbangun, ekonomi juga akan merangkak naik," ungkap Zulkifli.

Zulkifli  berharap, UMKM di Kota Binjai dapat bersinergi menyuplai produk-produk mereka ke ritel-ritel modern. Selanjutnya produk mereka dapat bersinergi dengan lokapasar melalui berbagai pelatihan yang bertujuan mampu merambah pasar digital. 

"Kami harap UMKM Kota Binjai juga dapat bersinergi dengan ritel modern, lokapasar, dan perbankan untuk terus mengembangkan UMKM di Kota Binjai," tambahnya.

Baca juga : Masih Ada Panen, Kabupaten Malang belum Perlu OP Beras

Mendag mengatakan, pemerintah saat ini sangat mendukung UMKM dalam hal pembiayaan, antara lain kerja sama dengan perbankan dalam skema Kredit Usaha Rakyat (KUR). Serta mendorong warga pedesaan untuk menjadi pengusaha. 

Salah satu peserta pameran yang juga pendiri TAN Collection dan Kelompok Rambutan Binjai, Tan Darwania Makatita menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah dan meminta dukungan dalam mengembangkan hasil produk UMKM Kota Binjai.

"Kami mohon dukungan atas produktivitas UMKM di sanggar TAN Collection pada khususnya, dan semua UMKM di Kota Binjai pada umumnya, sehingga UMKM di Kota Binjai semakin berkembang,"  Tan menimpali.

Dalam kunjungan kali ini, turut hadir juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko. Mereka juga ikut berbincang di hadapan para pelaku UMKM yang mayoritas bergerak di bidang tekstil dan kuliner. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat