visitaaponce.com

Banjir Nyaris Putuskan Jembatan, Ratusan Keluarga Terisolasi di Bengkulu Tengah

Banjir Nyaris Putuskan Jembatan, Ratusan Keluarga Terisolasi di Bengkulu Tengah
Jembatan yang nyaris putus dilanda banjir bandang.(DOK Pribadi.)

HUJAN deras yang melanda Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, sejak Minggu (22/1) sore, menyebabkan banjir bandang. Akibatnya, jembatan penghubung dua desa di Kabupaten Bengkulu Tengah nyaris terputus. Sebanyak ratusan keluarga di dua desa tersebut terancam terisolasi.

Video amatir dan foto-foto milik Babinsa Koramil 407-02/ Taba Penanjung dan Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, merekam suasana banjir bandang yang menerjang Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, sekitar pukul 18.00 WIB. 

Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi hampir merata di 9 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Bengkulu sejak pukul 15.30, Minggu sore hingga malam ini. Hal itu membuat debit air sungai Rindu Hati, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, meluap.

Derasnya banjir bandang yang disertai dengan banyak sampah kayu yang terbawa menyebabkan jembatan penghubung Desa Surau dan Desa Taba Baru, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, nyaris terputus. Bahkan saat ini posisi jembatan sudah dalam kondisi miring. Dikhawatirkan bila hujan terus melanda, jembatan penghubung tersebut akan terputus terbawa banjir bandang.

Bahkan luapan air sungai Rindu Hati juga telah masuk sejumlah rumah warga desa yang berada di sekitar bantaran sungai Rindu Hati. Dari data milik BPBD Kabupaten Bengkulu Tengah tercatat ada sebanyak 180 keluarga di Desa Surau dan sebanyak 184 keluarga di Desa Taba Baru. Belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan pada rumah warga.

Sampai malam ini petugas gabungan dari Koramil 407-02/ Taba Penanjung, Polres Bengkulu Tengah, dan BPBD Kabupaten Bengkulu Tengah masih disiagakan di sepanjang aliran sungai Rindu Hati. Mereka mengantisipasi semakin meningkatnya debit banjir bandang. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat