visitaaponce.com

Rob Landa Kawasan Pesisir Kabupaten Tanah Laut

Rob Landa Kawasan Pesisir Kabupaten Tanah Laut
Ilustrasi banjir rob(ANTARA FOTO/Aji Styawan)

GELOMBANG pasang atau rob melanda sejumlah desa di kawasan pesisir Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Sejak beberapa pekan terakhir cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah Kalsel.

"Cuaca buruk terus melanda sejumlah wilayah Kalsel. BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini tentang waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel R Suria Fadliansyah, Jumat (27/1).

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Kalsel, Kamis (26/1), gelombang pasang menerjang kawasan pesisir di Kabupaten Tanah Laut yaitu Kecamatan Takisung dan Pelaihari. Tercatat sekitar 500 rumah warga yang dihuni 1.470 jiwa warga di enam desa dan kelurahan terendam dengan ketinggian banjir hampir satu meter.

Selain kawasan pesisir akibat hujan deras beberapa wilayah di Kota Banjarbaru, ibu kota Provinsi Kalsel, juga terendam banjir. Tercatat ada 23 rumah yang dihuni 66 warga terendam banjir. Pantauan Media banjir di Kelurahan Cempaka, Kota Banjarbaru, sudah mulai surut.

Baca juga:  Kemenhub Edukasi Remaja di Tanah Laut Soal Keselamatan Pelayaran

Sementara tingginya curah hujan menyebabkan ruas-ruas jalan dan kawasan permukiman di Kota Banjarmasin juga tergenang (calap). BPBD Kalsel juga melaporkan peristiwa tanah longsor di jalan perbatasan antara Desa Lok Tangga dengan Desa Pasar Lama Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Longsor memakan badan jalan hingga separuh dan dikhawatirkan akan bertambah parah.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat