visitaaponce.com

Presiden Resmikan Bendungan Danu Kerthi di Bali

Presiden Resmikan Bendungan Danu Kerthi di Bali
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Danu Kerthi yang terletak di wilayah Buleleng, Bali.(Dok. Istana Kepresidenan)

PADA Kamis (2/2) ini, Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Danu Kerthi yang terletak di wilayah Buleleng, Bali.

Kepala Negara berharap keberadaan infrastruktur tersebut dapat memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat sekitar. Mulai dari penyediaan air baku, irigasi, hingga pengendalian banjir.

"Kapasitas tampungnya 5,1 juta meter kubik. Ini bisa mengairi sawah seluas 588 hektare. Bendungan ini bisa dipakai untuk irigasi sawah. Kedua, ini juga untuk mengurangi banjir," ujar Jokowi, sapaan akrabnya.

Baca juga: Presiden: Bendungan Kuwil Kawangkoan Bisa Cegah Bencana Banjir

Adapun bendungan tersebut telah dibangun sejak 2018 dan menelan anggaran sebesar Rp820 miliar. "Anggaran yang dikeluarkan untuk membangun bendungan ini sebesar Rp820 miliar, uangnya banyak sekali," jelasnya.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengungkapkan bahwa awalnya bendungan tersebut memiliki nama Bendungan Tamblang. Namun, pihaknya memohon kepada Presiden Jokowi untuk meresmikan bendungan tersebut dengan nama kearifan lokal, yaitu Bendungan Danu Kerthi Buleleng.

Baca juga: Bali Naik Peringkat di Daftar 10 Destinasi Terpopuler Dunia

"Kami memohon menggunakan kearifan lokal dengan usulan nama Bendungan Danu Kerthi Buleleng. Danu itu adalah sumber air. Kerthi itu menyucikan dan memuliakan sumber mata air," papar Wayan.

Sebelum meresmikan bendungan, di kabupaten yang sama, Kepala Negara terlebih dulu meresmikan Jalan Pintas Batas Kota Singaraja-Mengwitani. Adapun peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, jalan sepanjang 5,68 km sudah dibangun sejak 2018, dengan anggaran sebesar Rp396,7 miliar. Jalan pintas itu diharapkan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Termasuk, mengurangi waktu tempuh hingga 45 menit.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat