visitaaponce.com

PLN Siap Pasok Listrik ke 8 Perusahaan di Wilayah Batam

PLN Siap Pasok Listrik ke 8 Perusahaan di Wilayah Batam
Potret jajaran tower listrik yang dikelola PLN.(Dok. MI)

PT PLN (Persero) akan memenuhi kebutuhan listrik sejumlah perusahaan di Batam, Kepulauan Riau. Komitmen ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Kerja Sama Penyediaan dan Pengelolaan Tenaga Listrik antara anak usaha PLN.

Dalam hal ini, yaitu PLN Batam selaku pemilik Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) di Batam bersama delapan perusahaan pada Kamis (2/2).

Adapun perusahaan yang melakukan MoU antara lain PT Taman Resort Internet, PT Kabil Indonusa Estate, PT IDN Solar Tech, PT Samara Industrial, Bandara Internasional Batam, PT Ecogreen Oleochemicals, PT Latrade Batam Indonesia dan Tunas Grup.

Baca juga: Pastikan Keandalan Pasokan Listrik

"PLN siap mendukung investasi yang hadir melalui penyediaan listrik yang andal," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya, Kamis (2/2).

Total kebutuhan daya yang akan dipasok di delapan perusahaan tersebut mencapai 1.008 megavolt ampere (MVA). Pertumbuhan konsumsi listrik di Batam tercatat mengalami lonjakan signifikan. 

Sepanjang 2022, konsumsi listrik meningkat sebesar 14,71%, dari 2,56 juta megawatt hour (MWh) di 2021 menjadi 2.94 juta MWh pada 2022. Angka ini di atas pertumbuhan konsumsi listrik nasional, yakni 6,17%.

Baca juga: 99 PLTU Ikut Perdagangan Karbon di Tahun Ini

"Pada 2022, pertumbuhan konsumsi listrik di Batam luar biasa. Kalau di 2021 hanya tumbuh 5,01%, lalu pada 2022 lebih dari 14%. Ini menunjukkan roda ekonomi di Batam bertumbuh," terang Darmawan.

Direktur Utama PLN Batam M. Irwansyah Putra menambahkan bahwa saat ini, daya mampu kelistrikan di Batam mencapai 569 megawatt (MW), dengan beban puncak sebesar 538 MW.

"PLN merencanakan penambahan kapasitas pembangkit sebesar 860 MW hingga 2030. Sehingga, kami yakin siap memenuhi kebutuhan listrik di Batam," kata Irwansyah.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat