visitaaponce.com

Konsorsium Gagal Bayar, Tol Getaci akan Ditender Ulang Dalam Dua Bulan

Konsorsium Gagal Bayar,  Tol Getaci akan Ditender Ulang Dalam Dua Bulan
Peta rencana Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap(PU.go.id)

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melakukan tender ulang proyek Tol Gede Bage-Tasikmalaya-Cilacap atau Tol Getaci pada April 2023.

Langkah ini diambil setelah konsorsium pemenang lelang proyek tersebut PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) tidak mencapai kesepakatan financial close atau pemenuhan pembiayaan.

"Kami sudah minta arahan Pak Menteri PU-Pera (Basuki Hadimuljono), mudah-mudahan dua bulan lagi lelang ulang," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PU-Pera Hedy Rahadian di Kantor Kementerian PU-Pera, Jakarta, Rabu (8/2).

Secara kontrak, konsorsium lama yakni JGC dinyatakan putus atau selesai. Alhasil dilakukan lelang proyek kembali. Hedy menyampaikan pihaknya akan lebih ketat dalam menyeleksi investor yang menggarap proyek tersebut.

"Kami belum tahu siapa yang akan ikut lelang karena belum dibuka lelangnya, tapi tentu kami akan perketat mengenai kemampuan finansial agar persoalan financial close tidak lagi menjadi masalah," terangnya.

Penyelesaian proyek Tol Getaci pun bakal mundur dari target di 2024 untuk pembangunan tahap pertama akibat permasalahan tersebut.

Sebelumnya disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU-Pera Danang Parikesit, Tol Getaci merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Danang menjelaskan, tol tersebut melintas di dua provinsi yaitu Jawa Barat sepanjang 171,40 kilometer (km) dan Jawa Tengah dengan 35,25 km dengan total panjang 206,65 km. Ini menjadikan jalan tol terpanjang di Indonesia.

Pembangunannya terdiri dari dua tahap dengan nilai investasi sebesar Rp56,2 triliun untuk tahap pertama seksi 1 dan seksi 2 dari Junction Gedebage-Simpang Susun (SS) Tasikmalaya dengan panjang 94,22 km.

Berikutnya di tahap 2 seksi 3 dan seksi 4 dari SS Tasikmalaya-SS Cilacap dengan panjang 112,43 km diperkirakan selesai pada 2029. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat