visitaaponce.com

8 Siswa SMK Tersesat di Lembah Tengkorak Berhasil Ditemukan

8 Siswa SMK Tersesat di Lembah Tengkorak Berhasil Ditemukan
Salah seorang korban tersesat di Lembah Tengkorakl, Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, mendapat penanganan medis.(MI/Depi)

TIM SAR gabungan dari Polsek Lembang, relawan, serta aparat desa berhasil menemukan delapan siswa SMK yang tersesat di Lembah Tengkorak, kawasan hutan Bukit Unggul, Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sebelumnya, para siswa dari SMKN 1 Cisarua serta pendamping mengadakan kegiatan kemah sekolah sejak Jumat (10/2). Namun saat hendak pulang pada Minggu (13/2) siang, mereka terjebak dalam hutan karena terhambat cuaca.

Di saat kondisi tubuh mereka lemas ditambah dengan perbekalan yang sudah habis, akhirnya salah seorang siswa mengirimkan pesan suara kepada keluarganya lalu melaporkan kejadian orang tersesat ke pihak kepolisian.

Setelah berhasil ditemukan, mereka langsung dibawa ke Puskesmas Cibodas untuk mendapatkan penanganan medis. Meski dalam kondisi lemas, secara keseluruhan kondisi mereka dinyatakan sehat.

"Alhamdulillah berkat bantuan semua pihak termasuk masyarakat, tadi pagi para siswa bisa ditemukan. Setelah dicek pihak puskesmas, mereka masih dalam kondisi sehat," kata Camat Lembang, Dudi Supriadi di Puskesmas Cibodas, Senin (13/2) siang.


Baca juga: Jalan Alternatif di Temanggung Kini Mulus, Ganjar Dongkrak Perekonomian Warga


Pencarian korban terkendala akses jalan lantaran tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Akhirnya, tim SAR gabungan terpaksa harus menempuh perjalanan ke lokasi dengan berjalan kaki selama 1,5 jam.

Salah seorang korban tersesat, Ira 15, mengaku, hanya membawa perbekalan pakaian terbatas sehingga ia terpaksa tidur dengan kondisi pakaian basah. Namun, Ira sempat mengalami kendala sinyal ketika menghubungi keluarganya.

"Persediaan makanan tadi malam benar-benar habis banget, nasi juga enggak ada. Jadi stok makanan itu sebenarnya buat tiga hari dua malam," ungkap Ira.

Korban lainnya, Faisal Rizki, 15, mengatakan, rombongan berangkat menuju Lembah Tengkorak pada Jumat sekitar 19.00 WIB. Tetapi saat mau perjalanan pulang ternyata turun hujan lebat.

"Rencananya mau dua hari di sana sampai Minggu tapi turun hujan dari pagi. Alhamdulillah kalau bekal tadi malam itu masih ada sisa beras dan mi instan," ujar Faisal.

Setelah mereka dinyatakan sehat, para korban tersesat kemudian diserahkan pihak Polsek Lembang dan aparat desa kepada orangtua yang turut serta melakukan pencarian ke lokasi. (OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat