visitaaponce.com

Basarnas Turunkan Kapal Negara Cari 21 ABK Kapal Nelayan yang Terbalik Dihantam Ombak

Basarnas Turunkan Kapal Negara Cari 21 ABK Kapal Nelayan yang Terbalik Dihantam Ombak
Basarnas Kota Makassar mengerahkan KN SAR Karmajaya 104 guna mencari 21 ABK KM Yuiee Jaya 2 yang terbalik karena dihantam ombak.(Basarnas)

KANTOR Basarnas Kota Makassar, mengerahkan Kapal Negara (KN) SAR Kamajaya 104, guna membantu pencarian korban terbaliknya kapal penangkap ikan, Kapal Motor (KM) Yuiee Jaya 2 (Dewi Jaya 2) di Perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar menuturkan pencarian 21 anak buah kapal (ABK) yang belum ditemukan. Kapal Dewi Jaya membawa 37 POB (Person On Board). KN SAR Kamajaya 104 berangkat dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar menuju ke Perairan Selayar, Kamis (14/3). 

"Ada sekitar 49 orang tim dari Basarnas terdiri dari ABK Kapal dan Tim Rescuer dan dipimpin langsung oleh Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makasar yang kami terjunkan langsung melakukan pencarian," tutur Mexianus.

Baca juga : 6 Jenazah ABK Korban Kecelakaan Kerja di Makassar Tiba di Pelabuhan Tegal

KN SAR Kamajaya 104 dilengkapi dengan dua Rigid Inflatable Boat (RIB) yang akan digunakan melakukan pencarian di sekitar lokasi area sesuai dengan sebaran aplikasi SARMap milik Basarnas.

"Jadi nanti Tim tambahan akan memulai pencarian besok pagi dengan area pencarian di sebelah timur pulau Selayar menggunakan RIB KN Sar Kamajaya 104 dengan fokus mengikuti prediksi sebaran aplikasi SARMap," lanjut Mexianus.

Sebelumnya, KM Yuiee Jaya 2 dilaporkan tenggelam setelah beberapa ABK-nya ditemukan terdampar di Jampea, Kepulauan Selayar Senin (11/3) dan menyampaikan bahwa Kapal mereka dengan 35 orang POB terbalik dan tenggelam setelah dihantam badai, Sabtu (9/3) dini hari, sekitar 52 nautikalmil dari Pelabuhan Benteng Selayar.

Baca juga : Korban Tewas akibat Longsor di Gowa Jadi 5 Orang, 2 Lagi Masih Dicari

Tim Basarnas sudah menemukan 14 orang ABK KM Dewi Jaya 2. Sebanyak12 diantaranya selamat, meski ditemukan dalam kondisi yang lemas, sementara dua lainnya ditemukan sudah tidak bernyawa lagi.

Lokasi penemuan korban tergaliknya kapal berbeda-beda, ada yang terdampar di di Pulau Jempea, Pulau Kayuadi, dan Rijuni, Kabupaten Kepulauan Selayar. Salah satu korban yang ditemukan selamat adalah kapten kapal KM Dewi Jaya 2, Sun Hen, beralamat di Gang Parapa No 12, Cengkareng.

Sun Hen bercerita, kapal penangkap ikan yang ditumpanginya mulai berlayar dari Pelabuhan Muara Baru Penjaringan, Jakarta Utara menuju Lombok Nusa Tenggara Barat untuk mencari ikan dan memasang rumpon.

"Diperjalanan sudah masuk Perairan Selayar, kapalnya dihantam badai dengan ketinggian ombak 2,5 meter disertai hujan yang sangat deras. Kapal pecah dan 35 ABK yang berada di atas kapal terjatuh," terang Sun Hen. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat