visitaaponce.com

Rico Sia Wujudkan Pemasangan Listrik 52 Rumah di Sorong Selatan

 Rico Sia Wujudkan Pemasangan Listrik 52 Rumah di Sorong Selatan
Rico Sia memencet saklar lampu di salah satu rumah warga.(Dok pribadi)

ANGGOTA Komisi VII DPR-RI dari Fraksi Partai NasDem Rico Sia meresmikan dan melakukan penyalaan perdana Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Desa Kaibus, Distrik Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya. 

BPBL ini merupakan program dari Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menjadi mitra kerja Komisi VII DPR RI. Dalam sambutannya, Rico Sia mengapresiasi semua pihak karena program BPBL bisa terus berjalan secara berkesinambungan.

Menurut Rico, program ini dapat membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu yang belum memiliki listrik. Dalam kesempatan itu sebanyak 52 rumah tangga mendapatkan aliran listrik.

"Oleh karenanya saya berharap pemerintah daerah agar lebih jeli dan memerhatikan warga yang belum memiliki listrik. Program ini adalah upaya pemerintah agar masyarakat bisa menikmati listrik dari PLN," ungkap Rico Sia dalam keterangannya, Kamis (23/2).

Legislator NasDem dari Dapil Papua Barat itu juga menambahkan, dengan tersalurkannya listrik ke rumah-rumah warga, akan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat agar dapat hidup lebih baik dengan perekonomian yang juga lebih baik.

"Jika ada warga di dapil saya yang belum memiliki listrik, tolong beritahu saya. Jangan sungkan untuk memberi masukan kepada saya. Jangan diam saja karena itu membuat saya tidak ada gunanya di DPR," tukas Rico. 

Berada di DPR, tambah Rico, bukan untuk minta dilayani tapi melayani, memperhatikan, dan memperjuangkan aspirasi-aspirasi masyarakat. Dengan begitu daerah yang ia wakili bisa mendapatkan apa yang seharusnya didapatkan.

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Wanhar, menjelaskan, listrik adalah kebutuhan dasar yang sangat diperlukan. Salah satu tujuan program ini adalah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di perdesaan belum berkembang, terpencil, perbatasan, dan pulau kecil berpenduduk.

"Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Ditjen Ketenagalistrikan yang telah melakukan pemasangan listrik baru kepada 427 rumah tangga di Papua Barat Daya, dan khususnya sebanyak 52 rumah tangga di kabupaten Sorong Selatan, yang merupakan program Tahun Anggaran 2022," ucap Wanhar.

Ia juga mengapresiasi Rico Sia yang sudah bergerak lebih cepat untuk melaksanakan program BPBL di awal 2023. Saat ini, tambahnya, sudah ada 757 usulan rumah tangga dari 1.050 kuota yang disediakan oleh Ditjen Ketenagalistrikan. Tempat terbanyak yang mengajukan adalah dari Kabupaten Sorong Selatan sebanyak 541 rumah tangga. (RO/O-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eko Suprihatno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat