visitaaponce.com

Banjir Rendam Permukiman Warga Dua Kecamatan di Merangin

Banjir Rendam Permukiman Warga Dua Kecamatan di Merangin
Ilustrasi.(DOK MI.)

TINGGINYA intensistas hujan sepekan terakhir menyebabkan permukiman warga di dua kecamatan di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, terendam banjir. Tidak hanya merendam puluhan rumah warga, banjir dengan ketinggian bervariasi 30 cm hingga satu meter semenjak Jumat (24/2) hingga Sabtu (25/2) pagi menyebabkan akses jalan di beberapa desa tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun mobil.

"Genangan air di jalan ada yang sampai satu meter. Rawan dan sulit dilalui, baik oleh sepeda motor maupun mobil," ujar Syamsul, warga Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin. 

Bahkan, menurut Syamsul, genangan banjir juga mengancam tiga desa yang berada di pelosok dekat bantaran Sungai Batang Merangin, terisolasi. Pasalnya, genangan banjir memutus akses lalu lintas kendaraan dari pusat Kecamatan Nalo Tantan ke  desa tersebut di antaranya Aur Duri, Danau, dan Telun.

Tidak hanya di Kecamatan Nalo Tantan. Meluapnya beberapa anak sungai di hulu DAS Sungai Batang Merangin juga menyebabkan permukiman warga di Kecamatan Tabir, terendam banjir. Genangan banjir terparah melanda Kelurahan Kampung Baru.

Dari peninjauan Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya, selain merendam akses jalan raya, banjir dengan ketinggian sekitar setengah meter melumpuhkan aktivitas warga Kampung Baru, semenjak Jumat sore hingga Sabtu pagi. "Kami sudah meninjau lokasi dan diperintahkan kepada pemangku desa, kecamatan untuk terus memantau kondisi warga di lokasi banjir," kata Nilwan Yahya, Sabtu. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat