visitaaponce.com

KPU Tegal Menuntut Jurnalis Menulis dengan Akurat soal Pemilu 2024

KPU Tegal Menuntut Jurnalis Menulis dengan Akurat soal Pemilu 2024
Suasana diskusi Media Gathering KPU Kabupaten Tegal di sebuah hotel di Obyek wisata Guci, Tegal selama dua hari yang berakhir Sabtu (26/2).(MI/Supardji Rasban)

TANTANGAN bagi jurnalis yang bekerja di media-media meanstream, dituntut untuk lebih akurat dan faktual dalam menyajikan berita-berita terkait dengan Pemilu 2023.

Sebab jika tidak, akan kalah dengan netizen yang juga kerap mengirimkan berita-berita seputar Pemilu di media-media sosial (medos), yang keakuratannya dipertanyakan.

Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Dwi Ariadi, dalam diskusi yang digelar KPU Kabupaten Tegal, pada acara Media Gathering di sebuah hotel di Obyek Wisata (Ow) Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jumat-Sabtu (24-25/2/2023).

Dwi menuturkan, kekuarngakuratan yang biasa dishaRe netizen di medesos-medsos tersebut, karena memang bukan profesi mereka. "Sehingga untuk menggali lebih dalam lagi mereka kurang akses untuk misalnya bertemu dan mewawancari ketua KPU-nya," ujar Dwi Ariadi.

Menurut Dwi Ariadi, tidak seperti para jurnalis yang mempunyai akses untuk bertemu dengan ketua KPU atau nara sumber lainnya terkait berita yang para netizen tulis dan dikirimkan ke medsos-medsos.

"Karena memang mereka buka profesinya sebagai jurnalis sehingga dalam kerja-kerja mereka tidak dilindungi UU Pers," terangnya.

Dalam Media Gathering bertajuk "Sinergitas Antara KPU dan Media" tersebut, Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurokhman, menyampaikan sinergitas antara KPU dan media menjelang Pemilu 2024 sangat penting.

"Jurnalis mempunyai posisi yang strategis dalam penyebarluasan informasi mulai dari tahapan sosialisasi sampai pencoblosan pada Pemilu 2024," ujar Nurokhman.

Nurokhman meminta para jurnalis terutama yang biasa bekerja di wilayah Kabupaten Tegal dan sekitarnya seperti Kabupaten Brebes dan Kota Tegal, untuk tidak segan datang ke kantor KPU Tegal untuk mengonfirmasi berita-berita terkait Pemilu 2023.

"Atau bisa juga menghubungi saya atau teman komisioner untuk meminta konfirmasi lewat ponsel. Sehingga berita yang disajikan di masig-masing media teman-teman jurnalis keakuratannya terjamin," ucap Burokhman.

Media Gathering yang diinisiasi KPU Kabupaten Tegal dan PWI Kabupaten Tegal tersebut, diikuti 30 jurnalis dari berbagai media yang biasa bertugas di wilayah Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes.

Selain Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurokhman, hadir juga komisioner lainnya yakni Himawan Tri Pratiwi, Muhammad Fasikhin, dan Ika Andreas Tuti. (OL-13)

Baca Juga: 8 Kabupaten/Kota di Kalsel Dilanda Banjir dan Angin Kencang


 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat