visitaaponce.com

8 KabupatenKota di Kalsel Dilanda Banjir dan Angin Kencang

8 Kabupaten/Kota di Kalsel Dilanda Banjir dan Angin Kencang
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan rombongan meninjau kondisi banjir di Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.(MI/Denny Susanto)

KONDISI cuaca ekstrem terus melanda sebagian wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yang menyebabkan delapan daerah kabupaten/kota dilanda bencana hidrometeologi berupa banjir, tanah longsor dan angin kencang. Cuaca ekstrem di Kalsel diperkirakan masih akan berlangsung hingga sepekan ke depan.

Data Pusat Pengedalian dan Operasional (Pusdalops) BPBD Provinsi Kalimantan Selatan mencatat, pada Sabtu (25/2), bencana terjadi di delapan kabupaten/kota meliputi Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjar, Barito Kuala dan Kota
Banjarbaru. Sementara di Kota Banjarmasin sebagian wilayah mengalami banjir akibat pengaruh pasang laut.

"Cuaca ekstrem menyebabkan sejumlah daerah di Kalsel mengalami bencana hidrometeorologi berupa banjir, longsor dan angin kencang. Cuaca buruk juga melanda wilayah perairan," tutur Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah, Minggu (26/2).

Tercatat ribuan rumah warga terendam banjir. Banjir terparah terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Banjar. Sementara angin kencang menyebabkan belasan rumah warga mengalami kerusakan ringan hingga rusak total.

Kepala BPBD Hulu Sungai Tengah, Budi Haryanto, mengatakan banjir melanda sembilan desa di empat kecamatan yaitu Haruyan, Bati Benawa, Barabai dan Labuan Amas. Sedikitnya 1.200 rumah terendam banjir dengan ketinggian banjir bervariasi 20 cm hingga satu meter.

"Hujan deras yang turun terus menerus menyebabkan sungai-sungai besar meluap. Jumlah warga terdampak banjir sebanyak 3.320 jiwa atau lebih dari 1.000 keluarga, ditambah sejumlah fasilitas umum seperti sekolah dan tempat ibadah," ungkap Budi sembari mengatakan pihaknya terus memantau kondisi sungai-sungai besar di wilayahnya yang ketinggian airnya terus meningkat.

Sementara, banjir yang melanda belasan desa di Kabupaten Banjar sejak sebulan terakhir juga tak kunjung surut bahkan cenderung meluas. Tercatat banjir merendami ribuan rumah warga di 16 desa pada enam kecamatan yaitu Astambul, Sungai Tabuk, Cintapuri Darussalam, Martapura Timur, Jingah Habang dan Martapura Barat.

Pantauan Media Indonesia, hujan disertai angin kencang masih terjadi di sebagian besar wilayah Kalsel, sejak beberapa waktu terakhir. (OL-13)

Baca Juga: Harga Cabai Di Kupang Capai Rp150 Ribu Per Kilogram

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat