visitaaponce.com

Ridwan Kamil RSUD Ciereng Harus Dievaluasi

Ridwan Kamil: RSUD Ciereng Harus Dievaluasi
Juju Junaedi berdoa di makam istrinya, Kurnaesih, yang meninggal bersama bayi yang dikandungnya karena ditolak melahirkan di RSUD Ciereng.(MI/Reza Sunarya)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Bupati Subang Ruhimat segera menegur dan mengevaluasi pengelola Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciereng, Kabupaten Subang.

Tindakan tegas harus dilakukan menyusul kasus Kurnaesih (39), ibu hamil yang meninggal karena tidak bisa mendapat penanganan di rumah sakit tersebut.

"Saya sudah minta Pak Bupati menegur dan mengevaluasi RSUD. Jika sangat darurat, urusan nyawa harus didahulukan apapun situasinya," ujar Ridwan kepada wartawan, Selasa (7/3).

Ia berharap kejadian itu bisa menjadi pelajaran bagi seluruh pengelola fasilitas Kesehatan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Jawa Barat Raden Vini Adiani Dewi meminta pengelola RSUD Ciereng Subang melakukan evaluasi atas kejadian yang menimpa Kurnaesih.

Ia mengatakan pentingnya rujukan terencana untuk penanganan ibu hamil. Itu harus dilakukan lintas sektor pelayanan kesehatan dan juga masyarakat.

"Yang terjadi ini pada kasus Kurnaesih adalah tidak ada rujukan terencana dan kondisi pasien sudah berat," jelasnya.

"Sehingga harus dilakukan evaluasi pada semua pihak termasuk masyarakat, agar sama-sama membantu ketika ada warganya yang hamil. Karena setiap ibu hamil sebenarnya merupakan kasus berisiko.” (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat