visitaaponce.com

Ini Danau Terbesar dan Terdalam di Indonesia

 Ini Danau Terbesar dan Terdalam di Indonesia
Warga menyaksikan sesi kualifikasi putaran pertama Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di pesisir Danau Toba.(Antara/M Risyal Hidayat.)

DILANSIR dari KBBI, danau adalah suatu genangan air yang amat luas, dan dikelilingi oleh daratan. Danau dapat tercipta oleh berbagai proses dan faktor, bisa oleh erosi, tektonik, atau aktivitas vulkanik. 

Sebagai negara yang memiliki banyak gunung berapi aktif, tidak heran Indonesia memiliki banyak danau. Bahkan, beberapa danau di Indonesia menjadi ikonis karena luas atau dalamnya. Berikut daftar dari danau terdalam dan terluas yang ada di Indonesia. 

Danau terbesar di Indonesia

1. Danau Toba.

Danau yang terletak di Sumatra Utara ini menjadi danau terluas yang ada di Indonesia. Danau Toba memiliki luas 1.130 kilometer persegi dengan tingkat kedalaman hingga 505 meter. Selain itu, Danau Toba tercatat menjadi danau vulkanis terbesar di dunia.

Baca juga: Destinasi Wisata Religi di Indonesia

Danau Toba melingkupi tujuh kabupaten berbeda yang ada di Sumatra Utara yaitu Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir. 

2. Danau Towuti.

Danau Towuti menjadi danau ke-2 terluas yang ada di Indonesia. Berada di Sulawesi Selatan, danau ini memiliki luas 561 kilometer persegi dengan kedalaman mencapai 203 meter. Danau Towuti menjadi destinasi wisata serta tempat konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

3. Danau Tempe.

Danau yang berasal dari Sulawesi Selatan ini, menjadi danau terluas ke-3 yang ada di Indonesia. Dengan luas 350 kilometer persegi, Danau Tempe yang berada di Kabupaten Wajo memiliki kedalaman yang hanya berkisar 5 meter.

Baca juga: Destinasi Wisata Unik untuk Liburan Akhir Tahun

4. Danau Poso.

Danau Poso yang terletak di Sulawesi Tengah menjadi danau terluas ke-4 yang ada di Indonesia. Danau Poso memiliki total luas 323 kilometer persegi dengan kedalaman hingga 450 meter. 

5. Danau Sentarum.

Danau terluas ke-5 yang ada di Indonesia ini berasal dari Kalimantan Barat. Dengan luas hingga 275 kilometer persegi, Danau Sentarum memiliki kedalaman hingga 8 meter. 

Danau terdalam di Indonesia

1. Danau Matano.

Danau terdalam di Indonesia merupakan Danau Matano yang terletak di Sulawesi Tengah. Danau ini memiliki kedalaman hingga 590 meter dengan luas 164 kilometer persegi.

2. Danau Toba.

Menjadi danau terluas di Indonesia, Danau Toba juga menjadi danau terdalam kedua di Indonesia. Dengan dalam 509 meter, danau yang terletak di Sumatra Utara ini memiliki luas 1.130 kilometer persegi.

3. Danau Poso.

Danau Poso juga ikut menjadi danau terluas di Indonesia, sekaligus danau terdalam yang ada di Indonesia. Danau yang berasal dari Sulawesi Tengah ini memiliki dalam 450 meter dengan luas hingga 323 kilometer persegi.

4. Danau Singkarak.

Danau Singkarak yang berasal dari Sumatra Barat, tepatnya Tanah Datar, memiliki kedalaman hingga 268 meter dengan luas 107 kilometer persegi. Danau Singkarak juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan tempat budi daya ikan sekaligus area pariwisata. 

5. Danau Ranau.

Danau yang terletak di Sumatra Selatan ini menjadi danau terdalam ke-5 yang ada di Indonesia. Dengan dalam 229 meter dan luas 125 kilometer persegi, Danau Ranau menjadi area pariwisata dan daerah budi daya ikan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat