visitaaponce.com

Peringati Hari Perempuan Internasional, Legislator Resmikan Toko Kelontong Mama Kepoo

Peringati Hari Perempuan Internasional, Legislator Resmikan Toko Kelontong Mama Kepoo
Sejumlah ibu menghadiri peresmian Market Mini Ketahanan Pangan Online Offline di Tegal(MI/SUPARDJI RASBAN)

BANYAK cara dilakukan dalam memeringati Hari Perempuan Internasional tahun 2023. Seorang legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jawa Tengah, Dewi Aryani, menggelar kegiatan pemberdayaan perempuan melalui program Toko Kelontong Modern Desa.

Toko dengan nama Mami Kepoo atau Market Mini Ketahanan Pangan Online Offline merupakan konsep toko sembako dan segala kebutuhan rumah tangga lainnya. Dewi meresmikan pengoperasiannya di Desa Kedungkelor, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (8/3).

Kali ini, Mami Kepoo yang diresmikan merupakan cabang ke-60. Targetnya se-kabupaten Tegal ada 1.000 toko di desa-desa dan akan meluas ke
kabupaten-kabupaten yang lain.

Tak sekedar toko kelontong biasa, toko ini menjual bahan pangan sekaligus menjual hasil bumi, seperti bahan pangan dan budi daya protein hewani yang dihasilkan desa-desa di wilayah Kabupaten Tegal hingga hasil UMKM.

"Perempuan harus diberikan ruang berkarya yang lebih luas dengan memberdayakan potensi mereka dengan memberikan pendampingan dan bantuan akses permodalan hingga pelatihan pengelolaan usaha rumahan berupa toko," ujar Dewi Aryani.

Perempuan, lanjut dia, tetap bisa berperan sebagai ratu rumah tangga sekaligus dapat memberikan dukungan perekonomian keluarga.

"Saya ingin semua perempuan di Indonesia khususnya di Dapil IX Jawa Tengah, dapat lebih berdaya khususnya dalam membangun ekonomi kerakyatan sekaligus mendongkrak potensi kearifan lokal di desa-desa. Sehingga, ketahanan pangan nasional pun dapat makin kuat jika terbangun secara masif dan berkelanjutan ketahanan pangan di
desa-desa," pungkas anggota DPR RI dari Komisi IX itu. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat