visitaaponce.com

Pemkot Sukabumi Gelar Pasar Murah di 7 Kecamatan Jelang Ramadan

Pemkot Sukabumi Gelar Pasar Murah di 7 Kecamatan Jelang Ramadan
Warga antusias mengantre untuk mendapatkan paket sembako di bazar dan pasar murah jelang Ramadan oleh Pemkot Sukabumi.(MI/Benny Bastiandy)

PEMERINTAH Kota Sukabumi, Jawa Barat, menggelar pasar murah pangan dan bazzar menjelang Ramadan. Kegiatannya dilaksanakan secara berkeliling di tujuh kecamatan dengan sasaran masyarakat umum.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, Agus Wawan Gunawan, mengatakan pasar murah pangan dan bazzar merupakan kegiatan rutin tahunan menghadapi Ramadan. Kegiatannya merupakan kerja bareng Diskumindag dengan Dinas Ketahanan
Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3), Bulog, serta Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi.

"Pasar murah pangan jelang Ramadan diawali di kantor Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole pada Rabu (8/3)," kata Wawan kepada wartawan, Kamis (9/3).

Pasar murah pangan dan bazzar merupakan upaya memudahkan akses masyarakat mendapatkan komoditas kebutuhan pangan dengan harga di bawah pasaran. Karena itu, pola pasar murah dan bazzar dilakukan di setiap kecamatan untuk menjangkau masyarakat di masing-masing wilayah.

"Kegiatan akan dilaksanakan setiap hari di masing-masing kecamatan hingga 16 Maret. Terakhir, kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Lembursitu," tuturnya.

Tujuan lain gelaran pasar murah dan bazzar, kata Wawan, untuk menekan laju inflasi serta menstabilkan berbagai harga komoditas kebutuhan masyarakat menghadapi Ramadan. Terlebih, akhir-akhir beberapa komoditas kebutuhan masyarakat di pasaran harganya terpantau naik.

"Kami punya target menekan laju inflasi serta menstabilkan harga dan pasokan. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan ada dampaknya terhadap harga dan inflasi," tegas Wawan.

Sementara itu Bulog Cabang Cianjur menyiapkan sebanyak 35 ton beras medium selama digelarnya pasar murah dan bazzar yang dilaksanakan Pemkot Sukabumi di tujuh kecamatan. Estimasinya, di setiap kecamatan disiapkan 5 ton beras yang bisa dibeli masyarakat dengan harga Rp9.450 per kilogram atau Rp47.250 per 5 kilogram.

"Beras medium berkualitas baik yang kami distribusikan pada kegiatan pasar murah di Kota Sukabumi sebagai upaya menjaga stabilitas harga karena saat ini harga beras masih cukup tinggi di pasaran," kata Manajer Pengadaan Bulog Cabang Cianjur, Deni Permana.

Deni pun memastikan stok beras yang tersedia di gudang Bulog menjelang Ramadan relatif mencukupi. Apalagi saat ini tak sedikit petani yang sedang melaksanakan panen. "Masyarakat tak perlu panik. Beras tersedia dan mencukupi," pungkasnya. (N-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat