visitaaponce.com

Hujan Abu Letusan Merapi Sampai ke Temanggung

Hujan Abu Letusan Merapi Sampai ke Temanggung
Letusan gunung Merapi di Jawa Tengah, Sabtu (11/3).(AFP/Devi Rahman)

SEBARAN abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi pada Sabtu (11/3) siang, menyebar hingga ketiga daerah sekitarnya, yakni Kabupaten Magelang, Kota Magelang, dan Kabupaten Temanggung, dengan tingkat ketebalan abu bervariasi.

Demikian keterangan yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah melalui media sosial Sabtu (11/3) Siang. BPBD minta masyarakat tidak melakukan apapun di daerah potensi bencana.

Selain itu, masyarakat diharapkan agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi. Serta mewaspadai lahar, terutama saat terjadi huja di sekitar Gunung Merapi. Sementara ini zona bahaya ditetapkan 7 kilometer dari kawasan puncak.

Baca juga : Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Guguran

Petugas Pemantau Gunung Merapi dari Pos Babadan, Yulianto, mengatakan, wilayah terdampak hujan abu vulkanik meliputi Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Dukun di Kabupaten Magelang. Serta Kecamatan Selo di Kabupaten Boyolali.

Hujan abu di Kabupaten Magelang melanda lima desa. Yakni Paten, Keningar, Mangunsuko, Dukun, dan Sengi. Adapun di Kabupaten Boyolali, hujan abu mengguyur Desa Krogowanan, Jrakah, Wonolelo, Klakah, dan Tlogolele.

"Secara umum hujan abu tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Ketebalan abu tidak begitu tebal karena tersapu angin Sedangkan status Gunung Merapi saat ini masih siaga," katanya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat