visitaaponce.com

Jokowi ajak Masyarakat Tabalong Menjaga Kerukunan

Jokowi ajak Masyarakat Tabalong Menjaga Kerukunan
residen Joko Widodo mejawab pertanyan jusrnalis Avianik Malik saat sesi wawancara Media Group di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/8/2022)(MI/SUMARYANTO BRONTO)

PRESIDEN Joko Widodo bertemu dengan keluarga besar Melayu-Banjar dalam acara Istigasah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat (17/3). Ia mengapresiasi semangat Rabithah Melayu-Banjar yang ikut menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur dan adat Melayu-Banjar dan juga mengembangkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin.

"Dan kita harus bangga sebagai sebuah bangsa dan kita harus sadar bahwa bangsa ini bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, penduduk kita sekarang sudah 280 juta yang hidup di 17ribu pulau yang kita miliki dan kita ini bermacam-macam, beraneka ragam suku adat tradisi agama," tutur presiden saat membuka acara tersebut.

Keanekaragaman tersebut, ujar presiden, diikat dengan semangat Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-beda tapi tetap satu) serta konsesus kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan RI (NKRI) dan bhineka tunggal ika.

Baca juga: Jokowi Kunjungi Singapura, Buktikan Indonesia Berdaya

Pada kesempatan itu presiden mengajak masyarakat memperkuat persatuan serta menjaga kerukunan antarumat beragama.

"Bapak ibu hadirin undangan yang berbahagia. Untuk itu marilah kita meningkatkan semangat ukkuwah, baik itu ukkuwah islamiyah, ukuwan watoniyah, ukuwah insania. Semangat ukkuwah ini lah yang membuat kita semua bisa hidup rukun berbeda agama tapi rukun, berbeda adat tetapi rukun, berbeda suku tapi rukun karena memang kita diciptakan oleh Allah berbeda-beda," paparnya.

Bac juga: Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Dinobatkan sebagai Tokoh Kerukunan dan Moderasi Beragama

"Kita bisa hidup berdampingan, hidup harmonis dan bersama-sama berjuang dengan semangat gotong royong untuk memajukan negara ini," ucap Jokowi. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat