visitaaponce.com

Polisi Ikut Pantau Stok dan Harga Pangan di Musi Banyuasin

Polisi Ikut Pantau Stok dan Harga Pangan di Musi Banyuasin
Pedagang berjualan bahan-bahan pokok.(MI/BAGUS SURYO)

SEBAGAI upaya memastikan stok dan harga pangan tidak bergejolak menjelang Ramadan, Kepolisian Resor (Polres) Musi Banyuasin melakukan pemantauan di lapangan. Sasarannya, yakni pasar tradisional yang ada di kabupaten tersebut.

Kepala Polres Musi Banyuasin AKB Siswandi pada Minggu (19/3) mengatakan, Tentunya, kami juga tidak ingin jika timbul gejolak harga ditengah masyarakat. Dan kami melakukan pengecekan seperti ini untuk memastikan kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok jelang Ramadan."

Selain itu, pengecekan yang dilakukan pihaknya juga untuk memastikan bahwa barang yang beredar di masyarakat adalah barang layak pakai, tidak kadaluarsa bahkan ada dicampur bahan kimia yang berbahaya untuk dikonsumsi.

Baca juga: Musi Banyuasin Tawarkan Lahan Madec Center Keluang Jadi Pabrik Minyak Goreng

"Selain itu, juga untuk mencegah terjadinya praktek penimbunan bahan pokok penting yang dapat mengakibatkan kelangkaan," kata dia.

Siswandi menjelaskan, dari hasil pengecekan yang dilakukan, diketahui saat ini ketersediaan dan harga bahan pokok cukup stabil dan belum ditemukan adanya kekurangan pasokan bahan pokok. "Hasilnya, semua stabil dan kita berharap tetap bertahan hingga Idul Fitri nanti," kata dia.

Baca juga: Sungai Bahar Musi Banyuasin Meluap, 586 Keluarga Terdampak Banjir

Meski begitu, ia meminta seluruh pihak yang terkait untuk terus melakukan pemantauan secara berkala agar ketersediaan dan harga tetap stabil, sehingga tidak terjadi panic buying.

"Instansi terkait juga harus melakukan pengecekan secara periodik, sehingga masyarakat bisa tenang karena meyakini barang kebutuhan masih tersedia dan harganya juga stabil, serta bisa mencegah adanya praktek penimbunan barang yang merugikan masyarakat," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat