visitaaponce.com

Menjelang Nyepi Umat Hindu di Bali Laksanakan Upacara Tawur Kesanga, Identik dengan Ogoh-Ogoh

SATU hari menjelang Nyepi pada 22 Maret 2023 besok, umat Hindu di Bali melaksanakan upacara Tawur Kesanga. Seperti yang tampak di titik nol kota Denpasar, pada Selasa (21/3).

Sejak pagi hari prosesi upacara Tawur Kesanga telah dimulai. Pada saat Upacara Tawur Kesanga ini, masyarakat Hindu Bali memohon keselamatan dan agar seluruh kehidupan harmonis menyongsong tahun baru Saka 1945.

Tawur Agung Kesanga memiliki makna membersihkan Jagad Bhuana Alit dan Bhuana Agung berdasarkan pada konsep Tri Hita Karana atau menyelaraskan hubungan tiga elemen penting. yakni manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam dan manusia dengan manusia.

Baca juga : Bank di Bali Tutup Dua Hari saat Nyepi dan Awal Ramadan

Dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tradisi Tawur Kesanga atau Mecaru  biasanya dilaksanakan H-1 sebelum perayaan Nyepi, setelah tradisi Melasti.

Tawur Kesanga identik dengan pawai festival ogoh-ogoh. Bagi masyarakat Hindu Bali, ogoh-ogoh merupakan representasi dari sifat buruk dan jahat manusia. Karena itu, di akhir perayaan ogoh-ogoh akan dibakar sebagai simbol pembersihan sifat jahat manusia yang dilenyapkan dalam ritual Nyepi.

Sehari sebelum Nyepi, beberapa toko di Bali mulai tutup. Tidak hanya pertokoan, pasar yang biasanya ramai juga tampak sepi.

Hanya ada beberapa pedagang bahan pokok yang melayani pembeli yang mencari kebutuhan bahan masakan seperti sayur dan daging yang akan digunakan esok hari, saat Nyepi.

Pemandangan sama tampak pada aktivitas di perkantoran. Fasilitas perbankan sudah tidak beroperasi pada hari ini, namun mesin ATM masih dapat digunakan oleh warga Bali. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat