visitaaponce.com

Meneruskan Amanah, Human Initiative Luncurkan Distribusi Qurban 2024

Meneruskan Amanah, Human Initiative Luncurkan Distribusi Qurban 2024
Kegiatan ini sekaligus menandai dimulainya pemotongan dan pendistribusian kurban untuk mengimplementasikan amanah dari para pekurban.(Dok Human Initiative)

HUMAN Initiative, lembaga kemanusiaan berdaya jangkau global, mengoptimalkan hari pertama Iduladha 1445 H dengan melaksanakan Kickoff Distribusi Qurban 2024 serentak di seluruh Indonesia hingga Afrika.

Kegiatan ini sekaligus menandai dimulainya pemotongan dan pendistribusian kurban untuk mengimplementasikan amanah dari para pekurban dengan penuh tanggung jawab dan akuntabilitas. Seremoni peluncuran secara resmi dibuka Vice President Operasional Human Initiative Romi Ardiansyah di salah satu kandang hewan kurban di Bekasi, Jawa Barat, Senin (17/6).

Romi mengatakan tahun ini program Sebar Qurban Human Initiative memiliki tiga misi utama bagi pequrban, mitra peternak lokal, dan pemegang hak program Sebar Qurban 2024.

Baca juga :  BMH akan Distribusikan Hewan Kurban ke Masyarakat Pedalaman, Pesisir, dan Terpencil

“Pertama, Sebar Qurban memfasilitasi ibadah masyarakat dalam melaksanakan ibadah kurban. Kedua, menggerakkan ekonomi, termasuk menggerakkan ekonomi peternak-peternak lokal, agar kemudian bisa memberikan manfaat lebih baik."

"Ketiga, memastikan program Sebar Qurban adalah kesempatan memberikan kebahagiaan kepada orang-orang yang bisa jadi memiliki keterbatasan dalam mengakses daging kurban,” kata Romi.

Karena ketiga misi ini, Human Initiative dalam program Sebar Qurban 2024 bertema Qurbanmu Bahagiakan Mereka, mendistribusikan manfaat kurban ke-122 kota/kabupaten di 28 provinsi Indonesia, termasuk tujuh negara di Afrika, Myanmar, dan Palestina.

Baca juga : Dukung Ketahanan Pangan, SKI Indosat Luncurkan Qurban Raya 2024

“Kami berharap lewat program Sebar Qurban 2024 ini, konsep kurban tidak hanya menjalankan ibadah, tapi juga memberikan kebahagiaan bagi sesama,” ujarnya.

Aktivitas Kickoff Distribusi Qurban 2024 dilaksanakan secara hybrid di kandang dan lokasi pemotongan hewan kurban di seluruh penjuru negeri hingga benua Afrika.

Yenni Kartika Dewi, pegiat kemanusiaan Human Initiative di Kalimantan Timur, menyampaikan kabar gembira bahwa satu sapi kurban disembelih di wilayah pedalaman Kalimantan setelah 10 tahun tidak mendapatkan kurban.

Baca juga : Bantu Cegah Stunting, Baznas Bazis DKI Bagikan Daging Kurban di Kampung Padat Penduduk

Para pegiat kemanusiaan Human Initiative dari berbagai daerah, seperti pendakwah ustaz Handy Bonny di Nusa Tenggara Timur dan influencer Salsabila Kholiq di Aceh turut serta dalam kegiatan ini.

Secara seremonial, Romi Ardiansyah menyerahkan besek daging qurban kepada pegiat kemanusiaan Human Initiative sebagai tanda pelaksanaan program Distribusi Qurban 2024 Human Initiative.

Mereka yang menerima terdiri dari relawan menggunakan rompi Human Initiative dan mengenakan apron (celemek) bersematkan logo Human Initiative serta Sebar Qurban.

Baca juga : 10 Persoalan dalam Fikih Kurban

“Insyaa Allah mulai hari ini siap didistribusikan, dan berharap semoga tujuan kita tahun ini bisa memberikan manfaat kepada 451.645 jiwa di seluruh Indonesia dan tujuh negara lainnya,” ungkap Romi.

Romi mewakili keluarga besar Human Initiative juga mengucapkan terima kasih atas dukungan para pekurban. Sebagai upaya menguatkan amanah, Human Initiative melakukan aktivitas quality control dengan mengirim 11 pegiat kemanusiaan Human Initiative ke beberapa titik distribusi.

Langkah ini untuk memastikan proses kurban berjalan lancar, baik, dan menyasar kebutuhan pemegang hak program secara lebih luas. 
"Lebih lanjut, Human Initiative akan tetap melayani masyarakat untuk menunaikan kurbannya hingga hari tasyrik ketiga, hingga Kamis (20/6) pukul 12.00 Wib," pungkas dia. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat