visitaaponce.com

Tidak Ada PPKM, Dishub Babel Prediksi Arus Mudik Tahun Ini Meningkat

Tidak Ada PPKM, Dishub Babel Prediksi Arus Mudik Tahun Ini Meningkat
Pemudik dari Jakarta menaikin kapal Srikandi Line dengan tujuan Pangkal pinang, babel(Antara/Nova Wahyudi)

DINAS Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memprediksi arus mudik Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah akan mengalami kenaikan seiring tidak adanya kebijakan PPKM.

"Arus mudik tahun ini akan meningkat, seiring semakin melandainya kasus Covid-19 sehingga tidak ada lagi kebijakan PPKM," kata Kepala Dishub Provinsi Kepulauan Babel Asban Aris. Kamis (6/4).

Ia menyebutkan. Dalam mengantisipasi lonjakan pemudik tahun ini, Dishub membentuk empat posko arus mudik Lebaran/Idul Fitri 1444 Hijriah yang ditempatkan di bandara dan pelabuhan.

Baca juga : Kabar Baik, Mudik Lebaran Tarif Tol Diskon 20%

Keempat Posko Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 yang disiapkan yaitu Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat, Pelabuhan Tukak Sadai Bangka Selatan, Pangkalbalam Pangkalpinang, dan Bandara Depati Amir Pangkapinang.

Kegiatan posko mudik ini akan mulai digencarkan pada H-7 lebaran, Asban memperkirakan arus puncak mudik Lebaran di mulai dari 15 April sampai 3 Mei 2023 dengan rata-rata pertumbuhan 19,52 persen penumpang dan 14,62 persen kendaraan roda dua.

Baca juga : BPJS Kesehatan Hadirkan Lima Posko Mudik, Bisa Urus Rujukan RS

Selain itu personil yang akan ditempatkan dalam posko sekitar 20 personil di 4 (empat) titik posko yang akan didirikan tersebut beserta pihak Dinas Perhubungan kabupaten/kota dan instansi terkait lainnya.

Kemudian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk penerangan jalan Kementerian Perhubungan melalui BPTD Wilayah VII Sumsel Babel telah melakukan pemasangan lampu jalan di ruas jalan menuju Pelabuhan Tanjung Kalian agar masyarakat yang akan melakukan mudik atau antrean kendaraan tidak gelap di ruas jalan tersebut.

Di sektor transportasi udara pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak bandara yang ada di bandara HAS Hananjoedin Belitung maupun Depati Amir Bangka agar kelancaran dan keamanan mudik pada moda transportasi udara dapat berjalan dengan baik

"Kita harap arus mudik lebaran 2023 ini dapat berjalan aman dan lancar tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan mudik lebaran." ucap dia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat