visitaaponce.com

Jembatan Penghubung di Sulteng Ambles, Jalur Mudik Terganggu

Jembatan Penghubung di Sulteng Ambles, Jalur Mudik Terganggu
Jembatan berusia 50 tahun dengan panjang sekitar 100 meter di Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi, ambles.(MI/Mitha Meinansi.)

JEMBATAN berusia 50 tahun dengan panjang sekitar 100 meter di Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi, ambles akibat dua tiang penyangga yang retak dan goyang. Jembatan itu menghubungkan Kota Palu dengan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, serta menjadi jalur masuk kendaraan dari Provinsi Sulawesi Barat maupun Sulawesi Selatan.

"Dari semalam kami rapat dengan tim teknis dari Balai Jalan Provinsi, diputuskan bahwa jembatan ini ditutup sehingga kami lakukan police line," kata Kapolsek Palu Barat Ajun Komisaris Rustang, Sabtu (8/4). Menurutnya, saat menerima informasi pada Jumat (7/4) sore sekitar pukul 16.00 Wita, Polsek Palu Barat langsung melaporkan peristiwa tersebut kepada Kapolresta Palu. 

Berdasarkan petunjuk Kapolres Kombes Barliansyah, proritaskan pembuatan jalur alternatif, terutama untuk pasokan sembako dan BBM. Sampai saat ini pihaknya masih melakukan pengamanan jalur alternatif. "Atas bantuan dari masyarakat dan teman-teman dari Lantas Polres, kita lakukan rekayasa lalu lintas dan membuat dua alternatif dari arah Palu dan dua akses dari arah Donggala," ujar Rustang.

Baca juga: Petani Karet di Musi Banyuasin Tewas Dililit Ular saat Berkebun

Jembatan itu mengalami keretakan di bagian tengahnya akibat hujan yang mengguyur serta hantaman air sungai. Ini menyebabkan jembatan ditutup sementara. Arus lalu lintas harus dialihkan melintasi sungai. Akibatnya, jalur transportasi bahan jalur utama bagi pemudik terganggu.

Menurut Rustang, belum diketahui pasti waktu jembatan tersebut dapat dilintasi kembali, karena saat masih sedang ditangani dan dalam progres Balai Pelaksanaan Jalan. "Informasi bahwa dalam waktu dekat ini akan dipasang jembatan darurat di tempat ini," tandasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat