visitaaponce.com

Pemudik dengan Sepeda Motor Mulai Lintasi Pantura

Pemudik dengan Sepeda Motor Mulai Lintasi Pantura
Pemudik dengan sepeda motor melintas di kawasan Simpang Jonim menuju arah Jakarta di Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022).(ANTARA/APRILLIO AKBAR)

PARA pemudik yang menggunakan sepeda motor sudah terlihat melintas di pantura Jawa Tengah. Sebanyak 25,13 juta pemudik diperkirakan menggunakan kendaraan roda dua itu untuk pulang kampung di Lebaran kali ini.

Pemantauan Media Indonesia pada Minggu (9/4), pemudik yang menaiki motor sudah mulai terlihat melintas di jalur dengan rute Pekalongan-Semarang, Jawa Tengah.

Mereka tidak beregerombol sehingga tidak menarik perhatian. Beberapa merupakan warga DKI Jakarta karena terlihat dari pelat nomor. Sebagian tengah berinstirahat di SPBU.

Baca juga: Pemprov Kalsel Sediakan 55 Minibus untuk Mudik Gratis

"Sudah ambil libur dan jalan belum ramai pemudik, jadi bisa pulang kampung lebih awal," kata Anton, seorang  pekerja rumah makan yang menuju Suruh, Kabupaten Semarang.

Anton yang datang dari Tangerang, Banten, mengatakan menggunakan sepeda motor menjadi pilihan satu-satunya untuk dia pulang ke kampung halaman. Selain itu dia juga butuh kendaraan di Suruh.

"Saya kos di sana (Tangerang), kalau pulang dapat pekerjaan di kampung, tidak balik lagi, jadi motor sekalian dibawa," tambahnya.

Baca juga: Kemenhub Matangkan Pengoperasian Pelabuhan Ciwandan Jelang Mudik Lebaran

Hal serupa juga diungkapkan Wahyu, seorang mahasiswa di Jakarta. Saat ditemui, dia  sedang beristirahat di pinggir jalan di Plelen. Dia juga sengaja pulang lebih awal untuk menghindari macet. "Santai sambil jalan-jalan saja," ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan pilihan mudik menggunakan motor secara umum disebabkan karena keterbatasan biaya dan minimnya layanan transportasi umum. Kemudahan mobilitas di kampung halaman juga merupakan daya tarik mengapa banyak yang mudik dengan menggunakan motor. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat