visitaaponce.com

Pemudik dari Pelabuhan Merak-Bakauheni Wajib Pesan E-Tiket, Ini Cara Belinya

Pemudik dari Pelabuhan Merak-Bakauheni Wajib Pesan E-Tiket, Ini Cara Belinya
Informasi pemesanan tiket elektronik kapal penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry ( Persero).(ASDP)

PEMUDIK Lebaran yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak  wajib memesan eletronic ticket (E-ticket). Sebab, tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan.

Hal itu sebagaimana ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo saat mengecek kesiapan Pelabuhan Merak, Provinsi Banten pada 11 April 2023.

"Saya harapkan seluruh penumpang hingga yang ingin naik di Merak sudah memesan tiket e-ticketing karena tahun yang lalu ini sangat mengganggu yang tidak memegang tiket. Semuanya harus memegang tiket sebelum masuk Pelabuhan Merak," kata Presiden.

Menurutnya, kebijakan e-ticketing ini diberlakukan karena pada mudik tahun lalu, terjadi masalah banyaknya penumpang yang belum mempunyai tiket saat hendak menyebrang.

Baca juga: Cipali dan Merak Diprediksi Jadi Simpul Macet Arus Mudik Lebaran

Selain jalur laut, Presiden mengatakan bahwa pemerintah telah menambah rest area atau tempat peristirahatan bagi pemudik yang akan menggunakan jalur darat atau tol sehingga tidak mengganggu jalur utama.

Untuk mengantisipasi kerawanan dan gangguan keamanan khususnya di jalur Sumatera, Jokowi mengatakan Polri akan menambah personil untuk pengamanan.

Baca juga : Pelabuhan Ciwandan Kembali Beroperasi Selama Arus Mudik Lebaran

Lantas, bagaimana cara mendapatkan tiket kapal Feri Merak-Bakauheni? Simak penjelasan berikut ini.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyampaikan calon pemudik untuk membeli tiket secara online melalui aplikasi dan mitra resmi ASDP. Kebijakan ini berlaku untuk rute Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

"Pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point)," kata Shelvy, beberapa waktu lalu.

Cara beli tiket kapal Merak-Bekauheni lewat aplikasi Ferizy

1. Unduh apliksi Ferizy di Play Store (Android) atau App Store (iOS)

2. Daftar akun Ferizy terlebih dahulu atau login menggunakan Google/Facebook

3. Pada halaman utama pilih pelabuhan asal dan tujuan, kelas layanan, golongan kendaraan, jadwal masuk, dan jumlah penumpang

4. Baca kebijakan penumpang

5. Klik “Cari Jadwal”  dan muncul rincian tiket kapal laut online Klik “Lanjutkan”

6. Mengisi pernyataan ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19. Pilih “Lanjutkan”

7. Cek kembali rincian penumpang.

8. Jika membawa kendaraan, calon penumpang selanjutnya diminta mengisi nomor plat kendaraan sesuai dengan STNK. Kemudian pilih “Lanjutkan”

9. Selanjutnya verifikasi untuk memastikan tiket yang telah dipesan

10. Konfirmasi pembayaran Klik “Lanjutkan Pembayaran”

Pembayaran dapat dilakukan melalui empat jalur. Meliputi, tunai di modern channel yakni bank, Alfamart Group, Indomaret, Yomart Group, kantor pos, dan Pegadaian. Penumpang juga membayar tiket dengan metode virtual akun bank, e-wallet, e-money, dan transfer.

11. Setelah pembayaran selesai, maka e-ticket akan dikirim ke alamat e-mail calon penumpang.

Sebagai informasi, pada mudik Lebaran 2023, pemerintah memprediksi akan terjadi lonjakan pemudik pada lebaran tahun ini dari sebelumnya 86 juta ke 123 juta orang. Karena itulah, masyarakat diimbau melakukan mudik secara terencana agar nyaman di perjalanan dan selamat di tempat tujuan. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat