visitaaponce.com

Polisi Disiagakan di Lokasi Rawan Macet dan Objek Wisata

Polisi Disiagakan di Lokasi Rawan Macet dan Objek Wisata
Seorang polisi mengatur lalu lintas di Jalur Selatan, Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (20/4).(ANTARA/ADENG BUSTOMI )

SEBANYAK 120 anggota kepolisian disiagakan di Jalur Selatan Jawa Barat (Jabar) selama libur Lebaran 2023. Tujuannya untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan dari Jakarta, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran yang menuju Jawa Tengah.

Kapolres Kota Tasikmalaya AKB SY Zainal Abidin mengatakan personel yang disebar siaga di titik-titik yang rawan macet dan kecelakaan serta di perlintasan kereta.

"Jalur selatan Jabar berada di Gentong bawah maupun atas biasanya terjadi kemacetan dan kecelakaan. Karena, di sepanjang jalan masih belum terpasangnya penerangan jalan umum (PJU) dan kami juga sudah menyiapkan anggota lalu lintas bekerja sama dengan para tukang ganjal ban termasuk mengatur arus kendaraan mulai pusat perkotaan, Simpang Lima, Simpang Jati, dan perlintasan kereta," kata Zainal, Jumat (21/4).

Baca juga: Arus Mudik yang Melintas Kawasan Tasikmalaya Meningkat

Zainal mengatakan, arus kendaraan dari Jakarta dan Bandung hingga Jumat pagi melalui Tasikmalaya menuju Ciamis maupun arah sebaliknya masih lancar tapi ada peningkatan dan sempat terjadi kemacetan.

Kendaraan yang melintas didominasi sepeda motor, mobil pribadi, bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di dua jalur tanjakan bawah gentong.

"Untuk puncak arus lalu lintas selama ini mengalami peningkatan dan kepadatan sejak beberapa hari terjadi pada siang atau malam dan yang harus diwaspadai ketika arus balik. Langkah, yang harus dilakukan nanti jika terjadi kemecatan di jalur lintas gentong atas akan mengalihkan arus ke Jalan Juanda menuju Singaparna arah Garut atau Jalan Cihaurbeuti arah Panjalu Ciamis untuk ke arah Tol Cipali," ujarnya.

Baca juga: Smartfren Sebar Pembatas Jalan di Jalur Mudik Jabar

Zainal mengatakan di masa libur ini masyarakat juga mengunjungi objek wisata di wilayah Priangan Timur mulai Pantai Pangandaran, Gunung Galunggung, Situ Gede Tasikmalaya, Pantai Cipatujah, Cipanas Garut, dan Karangkamulyan Ciamis.

Pihaknya juga menempatkan personel di tempat-tempat tersebut guna 
mengantisipasi tindak kejahatan seperti pemerasan, copet, kekerasan dan perkelahian. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat