visitaaponce.com

Penyuluh Pertanian Perangi Wereng Batang Cokelat di Tasikmalaya Gunakan Aries

Penyuluh Pertanian Perangi Wereng Batang Cokelat di Tasikmalaya Gunakan Aries
Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia dan petani di Tasikmalaya bersiap memerangi hama wereng.(MI/KRISTIADI)

PERHIMPUNAN Penyuluh Pertanian Indonesia membantu petani di Kota Tasikmalaya dalam mengendalian serangan hama wereng batang cokelat, burung pipit dan tikus. Tujuannya agar hasil produksi gabah di tingkat petani bisa meningkat.

Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kota Tasikmalaya, Asep Ridwan Taufik mengatakan, serangan hama wereng batang cokelat telah terjadi beberapa bulan terakhir membuat para petani di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Garut, gagal panen.

"Kami akan terus berupaya membantu petani untuk mengendalikan serangan hama wereng batang coklat, burung pipit dan tikus yang menyerang secara masif, sehingga hasil produksi gabah bisa meningkat. Perhiptani tidak hanya fokus di bidang tanaman pangan, tapi juga holtikultura,  supaya petani bisa meningkatkan hasil produksi yang lebih baik," katanya, Kamis (4/7).

Baca juga : Hasil Panen Petani di Tasikmalaya Anjlok Terserang Hama Wereng dan Burung Pipit

Dia menambahkan hama wereng batang coklat telah menyerang lahan pertanian secara masif. Penyuluh pertanian lapangan (PPL) bersama petugas pengendali organisme penganggu tumbuhan (POPT) sudah melakukan upaya untuk memberantasnya.

Saat ini, serangan hama wereng batang coklat sudah mulai turun. Namun, gerakan pengendalian hama terus dilakukan.

"Serangah hama wereng batang coklat di wilayah Kecamatan Cibeureum terjadi di wilayah seluas 20 hektare. Akibatnya lahan pertanian gagal panen dan puluhan hektare lainnya terancam.

Baca juga : Petani Tasikmalaya Gagal Panen, Stok Gabah Kering Kosong

Aries

Ke.depan penyuluh perhiptani akan berupaya mengendalian hama dengan menggunakan cairan Aries di 10 Kecamatan bekerja sama dengan PT Deltragro Mulya Sejati.

Sementar itu, Manajer Horti PT Deltagro Mulya Sejati, Dastam Yunus mengatakan, serangan hama wereng batang coklat yang telah terjadi di berbagai daerah menyebabkan hasil produksi gabah menurun. Ini bencana bagi para petani.

Baca juga : Menteri Sosial Serahkan Bantuan Gerobak Jualan di Tasikmalaya

Serangan hama tersebut mudah ditanggulangi dengan melakukan aksi gerakan pengendalian hama dengan memakai cairan Aries.

"Cairan Aries sangat mudah untuk mematikan hama wereng batang cokelat, walang sangit, lalat, ulat dan keong. Hama menyerang  tanaman cabai, tomat, sayuran dan lainnya," tambahnya.

Pihaknya sudah melakukan pemberanasan hama di Cilacap, Jawa Tengah, serta Karawang, Subang dan Indramayu di Jawa Barat. "Kami akan melakukannya di Priangan Timur meliputi Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Garut dan Pangandaran," papar Dastam.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat