visitaaponce.com

Festival Balon Pekalongan Diikuti 91 Komunitas

Festival Balon Pekalongan Diikuti 91 Komunitas
Peserta Festival Balon Pekalongan 2023 tengah mempersiapkan balon kreasi mereka(MIAKHMAD SAFUAN)

SEBANYAK 91 komunitas balon akan memeriahkan Festival Balon Pekalongan 2023 di Stadion Hoegeng, Kota Pekalongan, Sabtu (29/4).

Pemantauan Media Indonesia Jumat (28/4) di Stadion Hoegeng Pekalongan telah mulai ramai didatangi peserta dan panitia festival. Mereka tampak sibuk mempersiapkan stadion tersebut untuk kegiatan yang akan
berlangsung Sabtu (29/4) mulai pukul 05.00 WIB.

Berbagai persiapan mulai pemasangan spanduk, panggung hingga tonggak untuk penambatan balon dilakukan oleh panitia. "Kita ingin melihat lokasi untuk memastikan pemasangan balon besok," ujar Andi, seorang peserta festival.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga
Kota Pekalongan M Sahlan mengatakan festival akan digelar bersamaan dengan momentum perayaan syawalan di Stadion Hoegeng.

Penyelenggaraan acara, lanjut dia, dilaksanakan bekerja sama dengan Airnav dan Komunitas Sedulur Balon Pekalongan. Berdasarkan data masuk tercatat 91 komunitas balon dari dalam kota maupun luar Kota Pekalongan yang sudah mendaftar.

"Tahun ini jumlah peserta meningkat hampir 300%. Tahun lalu hanya  diikuti 32 komunitas," ujar Sahlan.

Sesuai dengan ketentuan dan peraturan, lanjut dia, setiap tim peserta
beranggotakan tujuh orang diminta menandatangani komitmen bermaterai. Balon tidak dilepasliarkan dan harus menggunakan perapian ramah lingkungan serta wajib menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu sebagai syarat lain balon yang diperlombakan harus ditambatkan dengan tali maksimal ketinggian 150 meter, diameter balon
maksimum empat meter, tinggi balon maksimum tujuh meter dan ada penanda
tali balon.

"Malamnya kita lanjutkan Malam Apresiasi Pekalongan Balloon Festival 2023 di Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana Pekalongan dengan
mengundang artis nasional dan pemberian enam penghargaan balon terbaik," imbuhnya. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat