visitaaponce.com

WNA yang Ludahi Imam Masjid Ditangkap di Bandara Soekarno Hatta

WNA yang Ludahi Imam Masjid Ditangkap di Bandara Soekarno Hatta
WNA asal Australia yang melakukan tindakan tidak menyenangkan di masjid di Bandung diamankan.(Metro TV/Roni Halim)

TIM gabungan Polrestabes Bandung dan imigrasi berhasil menangkap warga negara asing (WNA) asal Australia yang membuat keributan di Masjid, Bandung, Jawa Barat. Pria berinisial MBCAA itu ditangkap di Bandara Soekarno Hatta, Tanggerang, Banten, Jumat (28/4) malam.

Kapolrestabes Bandung kombespol Budi Sartono mengantakan yang bersangkutan hendak kabur ke negaranya. Kini WNA itu menjalani pemeriksaan intensif di Satreskrim Polrestabes Bandung.

"Kami berkoordinasi dengan Kepala Imigrasi khusus Bandara Soekarno Hatta. Ternyata yang bersangkutan sudah mau berangkat ke negaranya. Kami langsung koordinasi untuk melakukan penundaan sementara," ujar Budi Sartono.

Baca juga: PT KAI Daop 6 Yogyakarta Telah Melayani 623.646 Penumpang selama Masa Angkutan Lebaran

 "Jam 1 malam dini hari tadi pagi kita jemput yang bersangkutan warga negara asing di Bandara Soekarno Hatta. Sekarang sudah berada di polrestabes bandung untuk dimintai keterangan."

Budi mengatakan Kepolisian bergerak cepat setelah mendapatkan kabar video viral terkait perbuatan tidak menyenangkan di salah satu masjid di Buah Batu. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pelapor dan korban, kepolisian melakukan penyelusuran.

Baca juga: Gunakan Narkoba, Dua WNA Rusia Dideportasi dari Bali

"Ternyata warga negara asing itu menginap di hotel sebelah masjid tersebut. Ia sudah check out," ujarnya.

Kepolisian juga sudah berkoordinasi dengan pihak kedutaan besar Australia untuk Indonesia, agar bisa melakukan pendampingan. "Kita sudah koordinasi dengan pihak konsuler untuk melakukan pendampingan biar fair," ujar Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan motif tindakannya masih dilakukan. Namun Ia menegaskan pelaku tidak berupaya kabur, berdasarkan visa pada paspornya diketahui habis Jumat (28/4). Selain itu dia sudah memiliki tiket kembali ke negaranya di hari yang sama. 

"Bukan lari, tapi sudah memiliki tiket pulang sebelumnya. Visanya juga sudah dicek, habis hari ini," ujarnya. 

Sebelumnya, pada Jumat (28/4) siang, seorang imam mesjid Al Muhajir di kawasan Buah Batu, kota Bandung mendapatkan perbuatan tidak menyenangkan dari pelaku MBCAA.

Pria asal Australia itu masuk ke masjid dan mematikan suara lantunan ayat suci Al Qur'an yang diputar korban melalui ponselnya. Setelah mematikan pengeras suara yang disambungkan ke ponsel, Ia melontarkan kalimat kasar dan meludahi muka korban. 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat